Kompas TV video cerita indonesia

Aksi Pemudik Nyamar jadi Kernet Truk untuk Kelabui Petugas

Kompas.tv - 7 Mei 2021, 14:22 WIB
Penulis : Theo Reza

DENPASAR, KOMPAS.TV - Berbagai cara dilakukan warga agar bisa mudik ke kampung halaman meski sudah ada larangan pemerintah, seperti di Pelabuhan Padangbai Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Bali.

Hari pertama larangan mudik petugas gabungan mendapati sejumlah warga nekat mudik yakni seorang pemudik asal Banyuwangi, Jawa Timur yang sengaja berpura-pura menjadi kernet truk agar bisa lolos menyebrang ke Pelabuhan Padangbai namun aksinya tersebut diketahui oleh petugas.

Berawal dari petugas melaksanakan pemeriksaan terhadap kendaraan yang baru tiba di Pelabuhan Padangbai, saat dilakukan pemeriksaan petugas mendapati salah satu truk yang mengaku akan mengajak lebih dari satu kernet.

Karena mencurigakan sehingga petugas mengecek identitas bersangkutan, setelah dicocokan ternyata satu dari dua orang yang mengaku kernet adalah penumpang.

Selain itu pemudik juga tidak melengkapi surat rapid test antigen karena itu diminta untuk kembali ke Lombok sedangkan truk bersama sopir dan kernet diizinkan untuk melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan.

Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini mengatakan selain penyekatan bagi pemudik yang keluar Bali, penyekatan juga dilakukan bagi pemudik yang masuk Bali.

Untuk memantau jik masih ada kapal mengaku penumpang yang melakukan aktifitas mudik dari Lombok ke Bali dan ditemukan penumpang yang melanggar surat edaran maka langsung di kembali.

Razia penyekatan ini akan terus dilakukan sampai pada tanggal 17 mei mendatang sesuai surat edaran Satgas Covid-19.

Video Editor: Faqih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x