Kompas TV regional berita daerah

Berburu Takjil Barongko, Kue Khas Makassar

Kompas.tv - 7 Mei 2021, 13:45 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Kemunculan aneka takjil saat bulan Ramadan memang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Biasanya, masyarakat mulai berburu takjil selepas Ashar hingga menjelang waktu berbuka puasa.Di Indonesia, ada banyak takjil khas Ramadan yang bisa dinikmati saat buka puasa.

Satu diantaranya adalah barongko.Barongko merupakan kuliner khas Makassar yang wajib hadir saat momen bulan Ramadan.

Kuliner khas Bugis ini terbuat dari bahan dasar pisang kepok yang dibuka bagian tengahnya, telur, susu dan gula merah.

Seluruh bahan tersebut dicampur dan dihaluskan hingga merata.

Memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis, kue ini sangat cocok dinikmati dalam keadaan dingin.Pada zaman dahulu barongko tergolong makanan mewah dan hanya khusus disajikan bagi kaum bangsawan dari kerajaan-kerajaan Bugis.

Umumnya raja-raja Bugis menikmati panganan yang berbahan pokok pisang ini sebagai makanan penutup.Kini, barongko mudah ditemukan saat acara-acara perayaan seperti pernikahan, syukuran, atau acara adat lainnya.

Dengan segala kelezatan yang ditawarkan, barongko juga cocok disajikan pada saat berbuka puasa.Rasa barongko yang manis siap memanjakan lidah ketika waktu berbuka tiba.

Selain itu, teksturnya yang lembut juga akan mudah dicerna oleh lambung yang kosong karena berpuasa seharian penuh.Tak heran jika barongko selalu menjadi pilihan untuk menu buka puasa warga Makassar.

Selama bulan Ramadan, di Makassar terdapat banyak gerai-gerai yang menjual barongko.Barongko menjadi salah satu makanan tradisional kebanggaan di antara banyak makanan khas Makassar lainya seperti es pisang ijo, pallubasa, dan coto.

Kue tradisional ini sudah diakui sebagai makanan warisan budaya tak benda Indonesia pada tahun 2017.Penetapan ini dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

#TAKJIL
#BARONGKO
#RAMADHAN



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x