Kompas TV regional berita daerah

Pemkab Gunungkidul Tetap Buka Objek Wisata Saat Libur Lebaran 2021

Kompas.tv - 7 Mei 2021, 13:28 WIB
pemkab-gunungkidul-tetap-buka-objek-wisata-saat-libur-lebaran-2021
Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Bangsal Sewokoprojo, Wonosari, Gunungkidul Jumat (23/4/2021) (Sumber: Kompas.com/Markus Yuwono)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta tetap membuka objek wisata pada libur Lebaran 2021. Sektor pariwisata yang dibuka wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hal tersebut dilakukan agar perekonomian masyarakat di daerah wisata dapat terus bergerak.

"Sejauh ini, kami tidak ada rencana menutup kawasan wisata selama libur Lebaran," kata Bupati Gunung Kidul Sunaryanta, Kamis (6/5/2021).

Baca Juga: Larangan Mudik Berlaku, Puluhan Pemudik Terjaring

Sunaryanta menambahkan kawasan wisata yang dibuka tetap memperhatikan zona penyebaran Covid-19. Artinya, kawasan wisata yang masuk dalam zona oranye dan merah harus ditutup.

"Kami akan melakukan pengawasan secara ketat objek-objek wisata dalam penerapan protokol kesehatan. Yang jelas, saat zonanya masih hijau maka wisata boleh buka, tapi kalau zonanya masuk oranye maka harus ditutup," tambahnya. 

Baca Juga: Pemkot Surakarta Izinkan Masyarakat Wisata Ke Solo, Asal Lolos Skrining dan Tinggal di Hotel

Diketahui sebelumnya untuk memperkuat pelaksanaan protokol kesehatan di area wisata sejumlah instansi terkait telah melakukan koordinasi.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gungung Kidul hary Sukomon menyatakan pada saat libur lebaran akan ada 359 personel yang akan telibat dalam pengawasan.

"Rencananya ada 359 personel mulai dari unsur TNI, Polri, tenaga kesehatan, anggota SAR Satlinmas, Satpol PP hingga pegawai dinas pariwisata akan diturunkan untuk pengawasan di kawasan wisata," paparnya.

Baca Juga: Jaga Imun! Ini Dia Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.