Kompas TV entertainment lifestyle

Dokter Bicara soal Acinetobacter, Kuman yang Serang Raditya Oloan dan Sebabkan Pneumonia

Kompas.tv - 7 Mei 2021, 15:05 WIB
dokter-bicara-soal-acinetobacter-kuman-yang-serang-raditya-oloan-dan-sebabkan-pneumonia
Raditya Oloan (Sumber: Instagram)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sahabat Raditya Oloan dan Joanna Alexandra, Yosi Mokalu, membeberkan penyakit yang menyebabkan sahabatnya harus berpulang ke Tuhan yang Maha Esa. 

"Nah di sini lebih jelas, (penyebab infeksinya) nama bakterinya adalah Acinetobacter Baumannii," ungkap Yosi saat ditemui awak media di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (6/5/2021) malam.

Baca Juga: Bukan Covid-19, Penyebab Meninggalnya Raditya Oloan Karena Infeksi Bakteri

"Jadi sudah dicoba penanganannya dengan tepat oleh dokter dikasih antibiotik tetapi sudah dua kali antibiotik tidak mempan, terus di turun terus," tambahnya.

Lebih jelasnya ia membantah apabila ada yang menyebutkan Raditya meninggal karena Covid-19.

"Yang pasti bukan karena covid, karena banyak yang bertanya juga," tukasnya.

Bicara Acinetobacter, Dokter spesialis Paru, dokter Erlang Samoedro, Sp.P, menjelaskan apa itu bakteri Acinetobacter Baumannii.

"Acinetobacter bakteri itu biasanya menyebabkan pneumonia, karena komplikasi penggunaan alat bantu napas ventilator dengan perawatan yang lama di rumah sakit, nah itu mudah sekali pasien alami pneumonia, nah Acinetobacter itu kuman penyebabnya," ujar dokter Erlang kepada KOMPAS TV, Jumat (7/5/2021).

"Kalau Covid-19 itu kan membuat kerusakan paru, nah komplikasi dengan kuman ini masuk, terjadi Pneumonia sehingga memperberat penyakit bahkan setelah Covid-19 nya selesai," lanjutnya.

Seperti diketahui sebelumnya, jenazah Raditya Oloan, suami dari artis Joanna Alxandra tiba di rumah duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (6/5/2021) sekitar pukul 22.15 WIB.

Jenazah dibawa dari Rumah Sakit Persahabatan, Rawamangun.

Baca Juga: Kondisi Raditya Oloan Sebelum Meninggal Sempat Alami Badai Sitokin, Apa Itu?

Jenazah suami Joanna Alexandra, Raditya Oloan rencananya akan di makamkan di San Diego Hills, Karawang pada Minggu, (9/5/2021)

Hingga berita ini ditulis, Joanna Alexandra maupun perwakilan keluarga belum bersedia dimintai keterangan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.