Kompas TV regional sosial

Blusukan ke Pasar, Gibran Sebut Harga Kebutuhan Pokok di Solo Stabil

Kompas.tv - 7 Mei 2021, 10:33 WIB
blusukan-ke-pasar-gibran-sebut-harga-kebutuhan-pokok-di-solo-stabil
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Wakil Walikota Teguh Prakosa usai rapat di Balai Kota Solo Senin (19/4/2021). (Sumber: Tribun Solo)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar tradisional untuk memantau harga kebutuhan pokok, pada Kamis (6/5/2021). 

Sepekan menjelang lebaran Gibran mengungkapkan harga kebutuhan pokok di pasar utama Kota Solo tidak mengalami kenaikan yang berarti. 

"Mungkin ada kenaikan harga barang, daging ayam, beras, telur ayam dan minyak. Tapi yang lain masih stabil di tengah lebaran kenaikan cukup wajar, antara lain ayam Rp. 38 ribu dari Rp.34 ribu," kata Gibran yang dikutip dari laman Pemkot Solo, Jumat (7/5/2021). 

Baca Juga: Jelang Larangan Mudik, Gibran Rakabuming: Tahan Diri, Halal Bihalal Bisa Secara Daring

Lebih lanjut Gibran meminta masyarakat agar tidak perlu khawatir, mengingat selain harga komoditas pangan strategis yang masih stabil, ketersediaan serta pasokan juga sangat cukup sampai lebaran.

"Masyarakat Solo tenang saja,” imbuh Gibran.

Senada dengan Gibran, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa yang turut melakukan sidak ini mengatakan masyarakat Solo tidak perlu risau terhadap harga kebutuhan pokok menjelang lebaran tahun ini.

Baca Juga: Pemkot Surakarta Izinkan Masyarakat Wisata Ke Solo, Asal Lolos Skrining dan Tinggal di Hotel

 

“Kenaikan seribu, seribu lima ratus, saya anggap daya beli masyarakat masih mampu. Pergerakan harga merangkak hanya nol koma sekian jadi tidak perlu ada kekawatiran,” kata Teguh.

Diketahui, Sidak Pasar diintensifkan di Kota Surakarta mendekati lebaran sebagai salah satu upaya pengendalian harga dan membangun espektasi positif masyarakat selama Ramadan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H.

Untuk menindaklanjuti sidak pasar, Walikota Solo Gibran menginstruksikan untuk menggelar operasi pasar atau pasar murah pada akhir pekan nanti.

Baca Juga: Hari Pertama Peniadaan Mudik, 51 Penumpang KAI Tak Lolos Verifikasi Keberangkatan Batal ke Solo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x