Kompas TV regional sosial

Catat! Ini 4 Wilayah yang Izinkan Salat Idul Fitri di Masjid, Musala, dan Lapangan Terbuka

Kompas.tv - 7 Mei 2021, 08:31 WIB
catat-ini-4-wilayah-yang-izinkan-salat-idul-fitri-di-masjid-musala-dan-lapangan-terbuka
Ilustrasi salat Idulfitri berjamaah di lapangan terbuka (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Sejumlah daerah mengizinkan masyarakatnya untuk salat Idul Fitri berjemaah di masjid atau lapangan pada Lebaran 2021. Pelaksanaannya wajib memenuhi syarat dan ketentuan dari Kementerian Agama (Kemenag). Berikut empat daerah yang sudah mengizinkan masyarakatnya Salat Idulfitri secara berjemaah di mesjid, musala, serta lapangan terbuka.

Baca Juga: Mobil Bawa Pemudik Masuk Sungai di Mamasa, Diduga Akibat Sopir Mengantuk

Sebelumnya, Kemenag telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 07 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi di masa pandemi Covid-19.

Beberapa persyaratannya, yakni daerah pelaksanaan salat Idul Fitri berjemaah bukan termasuk zona merah dan oranye penyebaran Covid-19, jumlah jemaah maksimal 50 persen dari kapasitas ruang, jemaah dalam kondisi sehat, dan tidak ada kontak fisik selama pelaksanaan.

Berikut empat daerah yang telah mengumumkan akan menggelar salat Idulfitri:

1. Pontianak

Salat Idul Fitri di Kota Pontianak salah satunya akan digelar di Taman Alun-Alun Kapuas. Lapangan dipilih sebagai lokasi salat Id, lantaran agar tidak terjadi kerumunan.

Hal tersebut sudah mengantongi izin dari Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Dengan harapan perizinan ini tidak menciptakan klaster baru Covid-19.

Edi mengimbau warga yang tidak sehat dan lanjut usia untuk salat di rumah. Sementara itu, takbir keliling dan Festival Permainan Meriam Karbit ditiadakan dan dilarang untuk diselenggarakan.

Baca Juga: H-1 Larangan Mudik, Begini Cara Urus SIKM di DKI Jakarta



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x