Kompas TV regional berita daerah

Petani di Blitar Temukan Bangunan Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit

Kamis, 6 Mei 2021 | 22:41 WIB

BLITAR, KOMPAS.TV - Sebuah struktur bangunan dari batu bata merah yang diduga peninggalan Kerajaan Majapahit ditemukan di area persawahan di Kota Blitar Jawa Timur. Benda peninggalan sejarah itu diduga kuat masih satu rangkaian dengan Candi Gedog.

Struktur bangunan dari batu bata kuno itu ditemukan oleh sejumlah petani di area persawahan Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Batu bata merah yang memiliki panjang 30 sentimeter dan lebar 20 sentimeter itu tertata rapi membentuk tembok dan tangga.

Baca Juga: Tim BPCB Temukan Benda Bersejarah di Situs Gedog yang Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar yang mengetahui hal itu langsung melakukan observasi awal. Diduga kuat struktur batu bata merah tersebut merupakan peninggalan era Kerajaan Majapahit serta masih satu rangkaian dengan bangunan Candi Gedog.

Camat Sananwetan, Heru Pramono mengatakan bahwa belum diketahui pasti bentuk dari bangunan tersebut. Rencananya dalam waktu dekat Tim Arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur akan meneliti terkait temuan benda peninggalan sejarah tersebut.

Sebelumnya para petani juga menemukan sejumlah benda bersejarah, seperti batu jambangan air serta gerabah.

 

#KerajaanMajapahit #CandiGedog #BangunanBersejarah #Blitar #Arkeolog #CagarBudaya

Penulis : KompasTV Jember





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:06
BAKAMLA TANGKAP KAPAL IKAN VIETNAM DI PERAIRAN PERBATASAN INDONESIA-MALAYSIA   SATGAS COVID-19 PERKETAT PEMERIKSAAN WARGA YANG MELAKUKAN PERJALANAN MELEWATI GERBANG SUMATERA MENUJU JAWA   TES CEPAT ANTIGEN GRATIS AKAN DILAKUKAN DI TERMINAL TERPADU PULO GEBANG DAN KAMPUNG RAMBUTAN   LEBIH DARI 100.000 ALAT TES ANTIGEN GRATIS AKAN DIBERIKAN KEPADA WARGA YANG GUNAKAN MODA TRANSPORTASI BUS   PEMPROV JAKTIM AKAN MENYEDIAKAN LAYANAN TES ANTIGEN GRATIS BAGI WARGA YANG BALIK MUDIK   ANTISIPASI LONJAKAN KASUS, ANGGOTA KOMISI VII DPR EDDY SOEPARNO MINTA PEMPROV JABAR PERBANYAK TES COVID-19   SIKM JAKARTA BERLAKU HINGGA 17 MEI, DISHUB DKI TEGASKAN WARGA TETAP WAJIB BAWA SURAT NEGATIF COVID-19   POLISI TUTUP AKSES MASUK MENUJU KAWASAN WISATA DI BANTEN, WISATAWAN YANG SUDAH DATANG DIBUBARKAN   KAPOLRES GARUT AKBP ADI BENNY CAHYONO: WISATAWAN MEMBELUDAK, PANTAI SELATAN GARUT DITUTUP   KEMENTERIAN BUMN PECAT SEMUA DIREKSI KIMIA FARMA DIAGNOSTIK TERKAIT KASUS ANTIGEN BEKAS DI BANDARA KUALANAMU, SUMUT   KEMENHUB AKAN PERKETAT PERGERAKAN MASYARAKAT YANG AKAN KEMBALI KE JAKARTA SAAT ARUS BALIK LEBARAN    KEMENHUB MEMPREDIKSI SEBANYAK 3,6 JUTA ORANG AKAN BALIK DARI MUDIK HARI INI   PRESIDEN KSPI: AKSI SOLIDARITAS BURUH AKAN DILAKUKAN DI 24 PROVINSI DAN SEKITAR 300 KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA   KSPI SEBUT RIBUAN BURUH AKAN TURUN KE JALAN MENGGELAR AKSI SOLIDARITAS BAGI PALESTINA PADA SELASA, 18 MEI 2021