Kompas TV nasional update

Update Larangan Mudik: Kendaraan Keluar Jabodetabek Naik 2,8 Persen

Kamis, 6 Mei 2021 | 22:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari pertama larangan mudik nasional, sejumlah penyekatan dilakukan pihak kepolisian.

Salah satunya di gerbang tol Cikarang Barat yang menjadi pintu kendaraan menuju sejumlah daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Hari ini sempat beredar luas di media sosial video yang menunjukkan sejumlah pekerja pabrik berkerumun di tol Cikarang Barat memprotes kendaraan mereka yang tertahan dan diminta putar balik.

Padahal mereka yang diangkut kendaraan bus ini hendak berangkat kerja.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menjelaskan kendaraan para pekerja ini diputar balik karena pintu keluar Cikarang Barat dari arah Cikampek, ditutup.

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari adanya penumpukan kendaraan.

Kondisi di gerbang tol Cikarang Bara hingga sore tadi ada 900 kendaraan yang diminta putar balik dari titik penyekatan.

Namun karena menimbulkan kemacetan hingga lebih dari 8 kilometer, proses pemeriksaan surat kelengkapan perjalanan sempat ditiadakan.

Sementara itu kondisi antrean yang sama juga terjadi di tol Cikupa, Tangerang, Banten.

Karena adanya penyekatan dan pemeriksaan surat kelengkapan perjalanan saat larangan mudik antrean kendaraan di gerbang tol ini mencapai 4 kilometer.  

Kendaraan yang kedapatan bertujuan mudik terpaksa diputar balik oleh petugas. 

Polisi menyatakan sudah mengetahui adanya modus yang dilakukan para pemudik untuk mengelabui petugas saat adanya larangan mudik.

Dari hasil evaluasi hari pertama aturan larangan mudik lebaran, pihak kepolisan menyatakan masih banyak warga yang tetap nekat untuk melakukan perjalanan mudik dengan berbagai cara.

Karena itu polisi kembali mengimbau agar warga tidak melakukan perjalanan mudik jika tidak ada kepentingan yang mendesak.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:04
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   PEBASKET LEBRON JAMES DAN ANTHONY DAVIS PUTUSKAN TIDAK IKUT TIMNAS BASKET AMERIKA SERIKAT DI OLIMPIADE TOKYO 2020   LIGA PRIMER DENDA CHELSEA, TOTTENHAM, LIVERPOOL, ARSENAL, MAN CITY, DAN MAN UNITED KARENA GABUNG LIGA SUPER EROPA   BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN TERORISME (BNPT) GELAR DIALOG KEBANGSAAN DENGAN TOKOH PAPUA PADA JUMAT, 11 JUNI 2021   DINKES TANGERANG MINTA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI WILAYAHNYA DILAKSANAKAN DENGAN PROKES KETAT   YLBHI DESAK PRESIDEN DAN MENKO POLHUKAM TEGUR KETUA KPK FIRLI BAHURI YANG MANGKIR DARI PANGGILAN KOMNAS HAM   YLBHI: KEMENPAN RB TIDAK ADA OTORITAS MENILAI ADA ATAU TIDAKNYA PELANGGARAN HAM DI KASUS TWK KPK   KEMENPUPR BERENCANA BANGUN 10 TOWER RUMAH SUSUN PEKERJA DI KAWASAN INDUSTRI TERPADU BATANG, JAWA TENGAH   BAPPENAS PREDIKSI SAMPAH MAKANAN DI INDONESIA CAPAI 112 JUTA TON PADA TAHUN 2024   BNPB SERAHKAN SEMENTARA PEMBIAYAAN HOTEL UNTUK ISOLASI PASIEN COVID-19 DKI KE PEMPROV   BNPB TUNGGU KEMENKEU SOAL ANGGARAN PEMBIAYAAN HOTEL UNTUK ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA   BNPB HENTIKAN SEMENTARA PEMBIAYAAN HOTEL UNTUK ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA   PRESIDEN JOKOWI HARAP PEMBANGUNAN KERETA LINTAS REL TERPADU (LRT) BISA BERI EFISIENSI WAKTU PADA MOBILITAS WARGA   TINJAU VAKSINASI MASSAL DI RS UI, DEPOK, PRESIDEN JOKOWI TARGETKAN 700.00 SUNTIKAN VAKSIN COVID-19 BULAN INI