Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Perusahaan Asal Perancis, Total, Resmi Tutup Bisnis SPBU di Indonesia

Kamis, 6 Mei 2021 | 22:20 WIB
perusahaan-asal-perancis-total-resmi-tutup-bisnis-spbu-di-indonesia
SPBU Total (Sumber: Kontan/Baihaki)

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Total Oil Indonesia akhirnya resmi menutup bisnis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Indonesia. Keputusan itu sudah dijalankan Total sejak akhir tahun lalu.

Brand Manager PCMO & Fleet PT Total Oil Indonesia Magda Naibaho mengatakan, penutupan bisnis SPBU di Indonesia sejalan dengan manajemen portofolio bisnis Total secara global.

"Total memutuskan untuk melepaskan bisnis retail fuel kami di Indonesia. Ini artinya seluruh 18 SPBU yang sebagian besar ada di Jabotabek. Ada juga yang di Bandung," kata Magda kepada awak media, Kamis (06/05/2021).

Namun, sejumlah produk Total lainnya tetap ada di Indonesia. Salah satunya adalah pelumas.

Baca Juga: Ricuh! Demo Warga di Kantor Pertamina Balongan

Mengutip dari lama resminya, Total Oil Indonesia yang mengelola bisnis hilir minyak dan gas bumi telah beroperasi sejak 2003. Total mengawali bisnis hilir melalui penjualan pelumas dengan pendistribusian berbagai produk secara nasional dengan merek Total dan ELF.

Sementara untuk bisnis SPBU di Indonesia, Total baru memulainya pada tahun 2009 dengan jumlah SPBU yang dioperasikan hingga tahun lalu mencapai 18 SPBU, tersebar di berbagai lokasi strategis di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), serta Bandung.

Penulis : Dina Karina | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:49
PEBALAP PRAMAC DUCATI, JOHANN ZARCO, RAIH “POLE POSITION” DI MOTOGP SACHSENRING, JERMAN   TIMNAS JERMAN MENANG 4-2 SAAT KONTRA PORTUGAL DI LAGA LANJUTAN GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION ALLIANZ ARENA   TIMNAS PERANCIS DIIMBANGI HONGARIA 1-1 DI LAGA KEDUA GRUP F PIALA EROPA 2020 DI STADION PUSKAS ARENA   TIGA HARI BEROPERASI, 1.122 PASIEN COVID-19 TELAH JALANI ISOLASI DI TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN   LIMA TENAGA KESEHATAN YANG BERTUGAS DI PUSKESMAS SOBANG, PANDEGLANG, BANTEN, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   GUBERNUR RIDWAN KAMIL: PEMPROV JABAR SIAPKAN 2.400 TEMPAT TIDUR TAMBAHAN DI RUMAH SAKIT UNTUK PASIEN COVID-19   ANGGOTA KOMISI IX DPR KURNIASIH MUFIDAYANTI MINTA PEMPROV DKI TERAPKAN MIKRO “LOCKDOWN” DI WILAYAH ZONA MERAH   POLDA LAMPUNG TANGKAP 140 ORANG TERKAIT DUGAAN TINDAKAN PREMANISME DAN PUNGUTAN LIAR   POLDA SUMSEL DAN BEA CUKAI PALEMBANG GAGALKAN PENYELUNDUPAN EKSPOR BENUR ILEGAL KE MALAYSIA   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLRES PANDEGLANG GELAR KEGIATAN DONOR DARAH   JELANG HUT KE-75 BHAYANGKARA, POLDA BANTEN AKAN BAGIKAN PAKET SEMBILAN BAHAN POKOK KEPADA MASYARAKAT   POLRI: HINGGA SAAT INI PELAKSANAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN 2 MASIH “ON SCHEDULE”   TINJAU WILAYAH BANGKALAN BERSAMA PANGLIMA TNI, KAPOLRI PAPARKAN LANGKAH SELAMATKAN WARGA DARI RISIKO COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.015 ORANG, 4.214 SEMBUH, 208 MENINGGAL DUNIA, DAN 593 DIRAWAT