Kompas TV bisnis kebijakan

Kontak Tani dan Nelayan Andalan Kabupaten Karawang Usulkan Peningkatan Pemberdayaan Petani

Kamis, 6 Mei 2021 | 22:07 WIB
kontak-tani-dan-nelayan-andalan-kabupaten-karawang-usulkan-peningkatan-pemberdayaan-petani
Anies Baswedan mengikuti panen padi bersama di Cilacap (16/04/2021) (Sumber: Instagram @aniesbaswedan)

KARAWANG, KOMPAS.TV - Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Karawang menyarankan pemerintah untuk fokus meningkatkan pemberdayaan untuk para petani.

Saran ini berkaitan dengan tuntutan petani yang ingin diperhatikan kesejahteraannya melalui peningkatan harga jual gabah dan perbaikan infrastruktur.

Wakil Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Karawang Ijam Sujana menyontohkan pemberdayaan para petani yang dimaksud. Seperti memberikan kemudahan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dan menaikkan harga standar gabah kering panen (GKP).

Selama bertahun-tahun, kata Ijam, para petani terus diuji dengan berbagai kebijakan dan masalah klasik yang tak pernah ada habisnya, dilansir dari Kompas.id, Kamis (6/5//2021).

“Mungkin biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk mengimpor beras lebih murah ketimbang untuk memberdayakan para petani. Padahal, jika sektor pertanian diperkuat melalui pelatihan untuk anak muda dan akses permodalan, bisa membuat produktivitas kian meningkat,” ungkap Ijam, akhir Maret 2021.

Baca Juga: Petani Di Karawang Berharap Harga Gabah Tidak Turun Saat Panen Raya

Selain itu, Ijam juga meminta agar pemerintah mengupayakan perbaikan sarana irigasi. Tak sedikit saluran irigasi dan tanggul yang jebol sehingga berdampak pada pengairan ke sawah petani yang terlambat (kering) atau justru sebaliknya (kebanjiran).

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:16
GIRI SUPRAPDIONO: SETIDAKNYA ADA SKENARIO PELEMAHAN KPK DENGAN TWK, YAITU JANGKA PENDEK, MENENGAH, DAN PANJANG   DIREKTUR SOSIALISASI & KAMPANYE ANTIKORUPSI KPK GIRI SUPRAPDIONO MENILAI TWK MERUPAKAN SKENARIO PELEMAHAN KPK   JADI KOORDINATOR PUNGLI, SUPERVISOR OPERATOR CRANE DI JICT PELABUHAN TANJUNG PRIOK DITANGKAP POLISI   PBNU: WACANA PEMERINTAH SOAL PENGENAAN PPN UNTUK PENDIDIKAN DAN SEMBAKO TIDAK TEPAT   KEMENLU PASTIKAN WNI YANG TINGGAL ATAU BERMUKIM DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKUKAN IBADAH HAJI   KEPALA BIDANG UMRAH AMPHURI ZAKY ZAKARIA MENILAI KEPUTUSAN ARAB SAUDI SOAL IBADAH HAJI 2021 SUDAH SANGAT TEPAT    PEMERINTAH ARAB SAUDI PERTIMBANGKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN JEMAAH DALAM MENGGELAR IBADAH HAJI   KEMENLU PASTIKAN IBADAH HAJI 2021 HANYA DIBUKA UNTUK DOMESTIK ATAU ORANG-ORANG YANG TINGGAL DI ARAB SAUDI   TINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI, PANGLIMA TNI INGATKAN PETUGAS HARUS PAHAM TUGAS PENGENDALIAN COVID-19    PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI BANGKALAN, JAWA TIMUR    UJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN UNTUK TINGKATKAN LEVEL KESELAMATAN & KEAMANAN DI LINGKUNGAN KERJA TRANSJAKARTA    SOPIR BUS TRANSJAKARTA RENCANANNYA AKAN DIUJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN    PEMERINTAH TARGETKAN 40.349.049 ORANG YANG MENJADI SASARAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA    HINGGA 12 JUNI 2021, JUMLAH ORANG YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA DI INDONESIA MENCAPAI 11.559.138