Kompas TV nasional update

Setelah 18 Tahun, Pertama Kalinya Ada Foto Presiden dan Wakil Presiden di Ruangan KPK Ini!

Kamis, 6 Mei 2021 | 20:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk pertama kalinya memasang foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam ruangan saat menggelar konferensi pers hasil tes alih status ASN pegawai KPK.

Sejak KPK didirikan pada tahun 2003 hingga konferensi pers yang dilakukan KPK pada 4 Mei 2021 lalu tak pernah terpasang foto presiden dan wakil presiden dalam ruangan tersebut.

Aturan pemasangan foto presiden dan wakil presiden memang tertuang dalam undang undang No. 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa, dan lambang negara serta lagu kebangsaan.

Pada pasal 54 tertulis jika penggunaan lambang negara sebagai cap dinas digunakan untuk kantor, presiden dan wakil presiden, MPR, DPR, DPD, Mahkamah Agung dan Badan Peradilan, BPK, kementrian, kepala perwakilan Indonesia di luar negeri, Gubernur Bupati atau Wali Kota, notaris, serta pejabat negara lain yang ditentukan undang-undang.

Terkait alih status pegawai KPK menjadi paratur sipil negara memang diatur dalam undang undang nomor 19 tahun 2019 tentang revisi UU KPK yang menyebut pada pasal satu ayat 6 tertulis pegawai komisi pembentasan korupsi adalah aparatur sipil negara sesuai dengan peraturan perundangan-undangan.

Setidaknya sudah ada 1.274 pegawai KPK lolos dalam tes wawasan kebangsaan dan telah dinyatakan memenuhi syarat untuk beralih status sebagai aparatur sipil negara.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:57
SEBELUMNYA, FIFA MELARANG EZRA WALIAN BELA TIMNAS SEPAK BOLA KARENA MASALAH STATUS KEWARGANEGARAAN   PSSI SUDAH MENERIMA SURAT FIFA TERKAIT PROGRES ALIH STATUS KEWARGANEGARAAN EZRA WALIAN   WHO TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 DI SELURUH NEGARA MINIMAL SUDAH MENCAPAI 10 PERSEN PADA SEPTEMBER 2021   KELOMPOK TALIBAN TOLAK KEINGINAN TURKI UNTUK MENJAGA KEAMANAN BANDARA KABUL KARENA MENJADI BAGIAN DARI NATO   PEMBUKAAN KEMBALI 3 JALUR PENDAKIAN GUNUNG MERBABU PADA 14 JUNI 2021 DITUNDA KARENA PENINGKATAN KASUS KORONA   PEMKOT SURABAYA: PENCETAKAN AKTA KELAHIRAN BAYI YANG BARU LAHIR BISA DISELESAIKAN DI RS ATAU BIDAN   PRESIDEN JOKOWI: TOL SEMARANG-DEMAK TINGKATKAN KONEKTIVITAS DAN KENDALIKAN BANJIR ROB   MEMASUKI MUSIM KEMARAU, 10 DAERAH DI SUMATERA SELATAN TETAPKAN STATUS SIAGA DARURAT KARHUTLA   PEMKOT TANGERANG AKAN MELIHAT DINAMIKA KASUS COVID-19 SEBELUM MEMUTUSKAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA   PROGRES PEMBANGUNAN DEPO STASIUN LRT DI JATIMULYA, BEKASI, JABAR, MENCAPAI 44,18%   6 PROVINSI YANG BELUM PUNYA RSJ YAKNI: PAPUA BARAT, SULTRA, SULBAR, GORONTALO, KALTARA, DAN KEPULAUAN RIAU   PEMERINTAH AKAN BERI PERHATIAN KHUSUS TERHADAP 6 PROVINSI YANG BELUM PUNYA RUMAH SAKIT JIWA (RSJ)   KEMENTERIAN PPPA: "CALL CENTER" SAHABAT PEREMPUAN DAN ANAK 129 ATAU WHATSAPP 0211-129-129   KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK FASILITASI KORBAN KEKERASAN SEKSUAL AGAR BERANI MELAPOR