Kompas TV internasional kompas dunia

WNI di California Selatan Peroleh Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua

Kompas.tv - 6 Mei 2021, 20:01 WIB
wni-di-california-selatan-peroleh-vaksinasi-covid-19-dosis-kedua
Warga Negara Indonesia (WNI) di California Selatan, Amerika Serikat, menjalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua, Kamis (6/5/2021). (Sumber: Dok. Kemlu)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Warga Negara Indonesia (WNI) di California bagian selatan, Amerika Serikat, kembali menjalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua. Para WNI itu merupakan masyarakat/Diaspora dan mahasiswa/pelajar Indonesia yang bermukim di sana.

Program vaksinasi ini difasilitasi oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Los Angeles bekerja sama dengan Pemerintah San Bernardino County.

Program vaksinasi pertama diselenggarakan pada tanggal 11 April 2021 lalu. Kini, program vaksinasi kedua ini dilakukan di tengah bulan suci Ramadan.

Situs resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) pada Kamis, 6 Mei 2021, melaporkan program vaksinasi Covid-19 dosis kedua dilaksanakan secara tertib dan lancar bertempat di lokasi yang sama United Indonesian Seventh-day Adventist Church (UNISDAC), Fontana, San Bernardino County.

Tercatat ratusan WNI yang bermukim di California bagian Selatan mengikuti kegiatan tersebut.

Baca juga: Kemlu: WNI Positif Covid-19 Bertambah 172 Kasus, Tersebar di Dua Negara

Dengan pemberian dosis kedua ini, maka lengkaplah sudah pemberian dua dosis vaksinasi Covid-19 jenis Pfizer kepada seluruh WNI yang turut berpartisipasi sejak vaksinasi pertama.

“Saya bersyukur di tengah bulan suci Ramadan, program vaksinasi Covid-19 dapat berjalan secara tertib dan lancar. Kami selaku perwakilan Indonesia di luar negeri tentunya akan selalu berusaha untuk memberikan pelayanan dan perlindungan secara maksimal bagi WNI yang ada di wilayah kerja KJRI LA, ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah RI kepada rakyatnya yang berada di luar negeri di tengah Pandemi Covid-19," ujar Konsul Jenderal RI Saud P Krisnawan.

Pada kesempatan tersebut, KJRI Los Angeles juga membuka Help Desk Pelayanan Keimigrasian dan Kekonsuleran yang bertujuan untuk sosialisasi kebijakan-kebijakan baru pemerintah dan menjawab pertanyaan seputar permasalahan keimigrasian dan kekonsuleran.

Hal tersebut mendapat sambutan positif dan apresiasi dari masyarakat dan diaspora Indonesia yang hadir pada kegiatan tersebut.

Baca juga: MPR Desak Kemlu Beri Perlindungan Ekstra WNI yang Diserang Anti-Asia di AS

Sejak vaksin Covid-19 mulai didistribusikan di Amerika Serikat pada pertengahan Desember 2020, lebih dari 243 juta dosis vaksin Covid-19 yang sudah diberikan kepada masyarakat.

Hingga saat ini, sekurang-kurangnya 147 juta orang atau 44% populasi Amerika Serikat yang sudah menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan 96 juta telah mendapatkan secara lengkap atau 29% dari jumlah penduduknya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.