Kompas TV religi beranda islami

Peran Pegadaian Syariah Terhadap Pertumbuhan UMKM - SAHUR TIME

Jumat, 7 Mei 2021 | 03:32 WIB

Ibadah dan muamalah (transaksi) juga diatur dalam agama Islam. Transaksi di dalam agama Islam dibagi dalam beberapa bagian, seperti transaksi bebas nilai (hadiah), jual beli dan gadai.

Transaksi tersebut dapat dilaksanakan jika tidak mengandung unsur penipuan maupun perjudian. Sistem perekonomian di dalam Islam dianjurkan agar modal atau kapital tidak hanya berputar di kalangan orang-orang yang sama.

Islam sangat mendukung usaha-usaha kecil atau usaha perumahan seperti UMKM bisa berdiri dan maju sehingga sektor riil bisa memutar roda perekonomian masyarakat sehingga masyarakat dapat tumbuh kuat secara ekonomi. 

Berbeda dengan ibadah yang harus dilakukan sesama Muslim, dalam melakukan transaksi gadai tidak harus sesama Muslim, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan sistem gadai ini, sebagaimana dikisahkan Ummul-Mukminin ‘Aisyah Radhiyallahu anha :

“Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam membeli dari seorang Yahudi bahan makanan dengan cara hutang dan menggadaikan baju besinya.” [HR al Bukhari, no. 2513 dan Muslim, no. 1603].

Kondisi ekonomi setiap orang tentu berbeda-beda, ada yang kaya dan ada yang miskin. Lalu terkadang, pada waktu tertentu manusia membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan tidak mendapat sedekah maupun pinjaman.

Sehingga membeli barang kebutuhan dengan cara meminjam dengan kesepakatan ketentuan, seperti memberikan jaminan gadai yang disimpan oleh pihak pemberi pinjaman/hutang sampai pinjaman tersebut telah dilunasi.

Wallahu'alam bis shawab.

Penulis : Luthfan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:06
PRESIDEN BARCELONA JOAN LAPORTA: LIONEL MESSI DIPASTIKAN BERTAHAN DI BARCELONA MUSIM DEPAN    TAJ MAHAL INDIA KEMBALI DIBUKA DENGAN PENERAPAN PROKES KETAT, PENGUNJUNG DIBATASI HANYA 650 ORANG   HASIL UJI COBA FASE AKHIR VAKSIN COVID-19 BUATAN BIOTEKNOLOGI JERMAN, CUREVAC, HANYA EFEKTIF 47%   QATAR IZINKAN 80% PEGAWAI SEKTOR PUBLIK DAN SWASTA KEMBALI BEKERJA DI KANTOR MULAI 18 JUNI 2021   JUMLAH PASIEN POSITIF COVID-19 DARI KLASTER COPA AMERICA 2021 MENCAPAI 52 ORANG   AS KEMBALI MEMBELI LEBIH DARI 200 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 BUATAN MODERNA   BPBD MALUKU TENGAH: 7.227 WARGA MENGUNGSI AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1   GUBERNUR JABAR AKAN TAMBAH KAPASITAS TEMPAT TIDUR DI RS HINGGA 40% JIKA PENYEBARAN COVID-19 MAKIN MEMBURUK   KOTA BOGOR KEMBALI BERLAKUKAN SISTEM GANJIL-GENAP AKHIR PEKAN INI GUNA TEKAN LAJU PENYEBARAN COVID-19   KADIN INDONESIA PASTIKAN TENAGA KERJA ASING BISA MENGIKUTI VAKSINASI COVID-19 GOTONG ROYONG   KEMENKOMINFO: TENGGAT PELUNASAN TUNGGAKAN BHP FREKUENSI PT SAMPOERNA TELEKOMUNIKASI INDONESIA HINGGA 31 JULI 2021   TOTAL TUNGGAKAN BHP FREKUENSI PT SAMPOERNA TELEKOMUNIKASI INDONESIA PER 1 JUNI 2021 SEBESAR RP 442 M   PEMERINTAH TUNGGU PT SAMPOERNA TELEKOMUNIKASI INDONESIA LUNASI TUNGGAKAN TAGIHAN BHP FREKUENSI RADIO   MENDIKBUD-RISTEK NADIEM MAKARIM: PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS STOP JIKA ADA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO