Kompas TV regional sosial

Lebih dari 95 Persen Masyarakat Setuju Sikap Sempurna Saat Lagu Indonesia Raya Diputar Rutin

Kompas.tv - 6 Mei 2021, 17:36 WIB
lebih-dari-95-persen-masyarakat-setuju-sikap-sempurna-saat-lagu-indonesia-raya-diputar-rutin
Aktivitis kebangsaan lintas kalangan yang tergabung dalam Forum Rakyat Yogya untuk Indonesia (For You Indonesia) merilis hasil survei terkait sikap masyarakat terhadap gerakan Indonesia Raya Bergema. (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Deni Muliya

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Aktivitis kebangsaan lintas kalangan yang tergabung dalam Forum Rakyat Yogya untuk Indonesia (For You Indonesia) merilis hasil survei terkait sikap masyarakat terhadap gerakan Indonesia Raya Bergema.

Survei yang disebar melalui media sosial itu berhasil mengumpulkan 591 responden secara acak selama tiga hari, 2 sampai 4 Mei 2021.

Peserta survei terdiri dari 39,8 persen wanita dan 60,2 persen pria.

Berdasarkan usia, peserta survei yang berusia kurang dari 25 tahun sebanyak 8 persen, usia 25 sampai 50 tahun 46,7 persen, dan usia 50 tahun ke atas 45,3 persen.

Hasil survei menyatakan bahwa 95,4 persen responden menyetujui lagu kebangsaan Indonesia Raya diperdengarkan kontinyu di ruang-ruang publik seperti lembaga pendidikan, perkantoran pemerintah dan swasta, pusat perbelanjaan, objek wisata, dan lainnya.

Hanya 4 persen yang menjawab tidak setuju dan sisanya tidak tahu.

Sesuai peraturan perundangan saat lagu kebangsaan diperdengarkan orang yang berada di tempat tersebut wajib berdiri dalam sikap hormat.

Menanggapi hal ini sebanyak 95,4% persen responden menyatakan bersedia berdiri saat lagu diperdengarkan.

Sisanya terbagi antara tidak setuju dan tidak tahu. 

Baca Juga: Pedagang Pasar Beringharjo Dukung Lagu "Indonesia Raya" Bergema Rutin Setiap Hari

Saat menjawab pertanyaan kapan waktu lagu Indonesia Raya sebaiknya diperdengarkan, sebanyak 61,8 persen menjawab setuju lagu berkumandang setiap hari.

Kemudian 26,1 persen memilih setiap hari Senin saja, 11,5 persen menjawab diperdengarkan hanya saat hari-hari besar nasional, dan 0,6 persen mengatakan tidak tahu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x