Kompas TV zona inspirasi

Pendidikan yang Inklusif, Berkualitas & Aman di Sekolah - ZONA INSPIRASI

Kompas.tv - 6 Mei 2021, 16:47 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - Seperti yang kita tau pemerintah telah menyediakan sarana dan prasana pendidikan di Indonesia, dengan mengatur alokasi anggaran pendidikan 20 persen dari APBN dan APBD.

Ternyata alokasi ini tidak sebanding dengan permasalahan yang ada. Berdasarkan kajian data Yappika action aid tahun 2021, ternyata ada ratusan ribu ruang kelas yang rusak dan jutaan siswa yang terancam.

Lantas seperti apa program yang sudah disiapkan Yappika action aid, untuk menciptakan pendidikan yang inklusif, berkualitas dan aman di sekolah?. Kita akan ulas selama 30 menit kedepan, hanya di zona inspirasi.

Ada sebanyak 240 ribu ruang kelas sekolah dasar rusak (sedang dan berat). Artinya ada 4,9 juta siswa di Indonesia yang terancam bahaya karena belajar di dalam ruang kelas rusak yang membahayakan keselamatannya.

Selain itu ada 36,01% sd negeri di indonesia yang tidak memiliki toilet yang layak untuk digunakan oleh siswa dan guru. Situasi ini kontras dengan alokasi anggaran dak fisik bidang pendidikan yang setiap tahun mengalami kenaikan. Bagaimana arah kebijakan pemerintah menyelesaikan hal ini? 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.