Kompas TV nasional sosial

Dompet Dhuafa Ajak Masyarakat Raih Pahala di Hari Berbagi Nasional

Kompas.tv - 6 Mei 2021, 13:12 WIB
dompet-dhuafa-ajak-masyarakat-raih-pahala-di-hari-berbagi-nasional
Kegiatan berbagi parcel Ramadan di Kampung Muara Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara, oleh Dompet Dhuafa (05/05/2021) (Sumber: Dompet Dhuafa )
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Di Hari Berbagi Nasional yang jatuh pada Rabu (05/05/2021), Dompet Dhuafa bersama para relawan dari DDV dan Rumah Belajar Lebah, mengadakan kegiatan berbagi bersama para dhuafa dan anak-anak yatim di kawasan Kampung Muara Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Kegiatan diawali dengan pengecekan kesehatan oleh tim Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC), lalu dilanjutkan dengan Dongeng Ceria yang diisi oleh selebritis Ibukota, Eriska Rein.

“Alhamdulillah dengan saya senang banget, bersyukur bisa diundang di acara ini. Anak-anak cukup antusias dengan dongeng Usman Bin Affan yang saya bawakan, sekaligus sembari menunggu waktu berbuka puasa menjadi hal yang positif bagi anak-anak,” ujar Eriska Rein, dalam keterangan tertulis yang diterima KOMPA TV, Kamis (06/05/2021). 

Baca Juga: Cerita Pemilik UKM Pria Tampan Bisa Ekspor Batik ke AS dan Kanada meski Pandemi

Sebanyak 50 penerima manfaat yang mayoritas lansia, merasakan manfaat adanya LKC.

“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini saya jadi tahu keluhan sakit yang saya hadapi dan sekaligus pencegahan hingga pengobatannya,  semoga layanan seperti ini lebih sering diadakan terutama di wilayah kami,” ujar Sukmawati, salah satu penerima manfaat atas kehadiran LKC. 

Menurut penanggung jawab LKC Dompet Dhuafa, dr. Zainab Aqila, mayoritas masyarakat yang memeriksa di LKC, mengalami kolestrol lebih, darah tinggi dan asam urat. 

"Semua berawal dari pola hidup serta pola makan yang setiap hari dikonsumsinya. Tentunya wilayah seperti ini harus ada penyuluhan dan edukasi terhadap pola hidup sehat,” tambahnya. 

Baca Juga: Mau Dapat KUR Tanpa Jaminan Rp100 Juta dengan Bunga 3 Persen? Begini Cara Daftarnya

Hari Berbagi Nasional diinisiasi oleh Dompet Dhuafa. Tanggal 5 Mei dipilih karena merupakan tanggal cantik dan bertepatan dengan hari ke-23 Ramadan 1442 Hijriah. 

"Jadi kita ingin melipatgandakan pahala temen-temen di hari ini. Kita memilih wilayah ini karena masyarakat masih di ekonomi bawah,"  tutur Ketua Ramadan 1442 H Dompet Dhuafa, Ahmad Faqih Syarafaddin. 

Selain dongeng dan layanan kesehatan, Dompet Dhuafa juga mengadakan tebar parcel, tebar zakat fitrah dengan door to door, santunan anak yatim dan kegiatan membersihkan musala Nurul Ba’as. 

Dompet Dhuafa juga menggulirkan program Traktir Makan Sahabatmu untuk mewarnai bulan Ramadan. Yaitu dengan mengajak masyarakat untuk memberi makan atau mentraktir keluarga atau sahabat yang membutuhkan. 

Baca Juga: Asyik, Subsidi Bunga Diperpanjang dan KUR Tanpa Jaminan Bisa Sampai Rp100 Juta

Sebanyak 180 paket makanan berbuka dibagikan di Kampung Muara Bahari. 

"Indonesia terkenal dengan negara dermawan, maka hari itu Hari Berbagi Nasional menjadi momentum masyarakat untuk berbagi sesama, berbagi itu tidak hanya harta, tapi bisa dengan tenaga, keahlian dan sebagainya”,  pungkas Faqih.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.