Kompas TV internasional kompas dunia

Setelah Hajar Aswad, Kini Giliran Foto Jejak Kaki Nabi Ibrahim Beresolusi Tinggi Dirilis

Kompas.tv - 6 Mei 2021, 12:27 WIB
setelah-hajar-aswad-kini-giliran-foto-jejak-kaki-nabi-ibrahim-beresolusi-tinggi-dirilis
Serangkaian foto-foto beresolusi tinggi yang menampilkan Maqam Ibrahim atau jejak kaki Nabi Ibrahim di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, dirilis pada Rabu (5/5/2021). (Sumber: Twitter)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

RIYADH, KOMPAS.TV – Pemerintah Arab Saudi kembali membuat kejutan. Setelah sebelumnya merilis foto beresolusi tinggi Hajar Aswad, kini giliran foto Maqam Ibrahim yang dirilis.

Melansir Saudi Gazette pada Rabu (5/5/2021), Kantor Presiden Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjidil Nabawi merilis foto Maqam Ibrahim yang belum pernah dilihat sebebelumnya itu. Foto beresolusi tinggi itu menampilkan detil Maqam Ibrahim menggunakan teknik baru dengan fokus panorama bertumpuk.

Sehari sebelumnya pada Selasa (4/5/2021), foto Hajar Aswad atau Batu Hitam beresolusi tinggi hingga ukuran 49.000 megapiksel, dirilis.

Baca Juga: Pertama Kali, Pemerintah Arab Saudi Rilis Foto Close-up Hajar Aswad Beresolusi Tinggi

Dalam serangkaian cuitan di akun resmi Twitternya, Kantor Presiden Urusan Kedua Masjid Suci itu mengunggah foto-foto yang menunjukkan salah satu tempat suci itu dengan cara yang belum pernah dilihat sebelumnya dengan resolusi tinggi.

Maqam Ibrahim adalah batu tempat Ibrahim berpijak saat berdiri membangun Ka'bah ketika dindingnya menjadi semakin tinggi. Awalnya, batu tersebut menempel di dinding Ka'bah, tetapi kemudian dijauhkan dari dinding Ka'bah beberapa meter pada masa Umar bin Khattab. Pada masa setelahnya, untuk melindungi jejak tapak kaki sang nabi, batu tersebut dihiasi emas, perak dan ditutupi struktur serupa sangkar.

Baca Juga: Cuaca Ekstrim Sebabkan Hujan Es di Mekkah dan Banjir Bandang di Sejumlah Kota di Arab Saudi

Maqam Ibrahim berupa batu hampir persegi dengan panjang 40 sentimeter, lebar dan tinggi sekitar 20 sentimeter. Batu itu berwarna kekuningan dan putih kemerahan. Jejak kaki sang nabi tertera di tengah batu. Jejak kaki itu memiliki panjang 27 sentimeter dan lebar 14 sentimeter.

Umat Islam percaya bahwa batu tempat jejak kaki Nabi Ibrahim itu diturunkan langsung dari surga bersama dengan batu hitam Hajar Aswad yang terkenal, setelah mereka diperintahkan membangun dasar Ka’bah.

Baca Juga: Sobia, Pelepas Dahaga Tradisional Arab Saudi saat Bulan Ramadan

Munculnya gambar-gambar itu disambut umat Islam di penjuru dunia yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x