Kompas TV klik360 cerita indonesia

Penampakan Foto Hajar Aswad yang Pertama Kalinya Dirilis Arab Saudi!

Kamis, 6 Mei 2021 | 10:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Untuk pertama kalinya Presiden Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi merilis foto-foto Hajar Aswad dengan resolusi tinggi pada Senin, 3 Mei 2021.

Foto Hajar Aswad seperti dilihat dari akun twitter Reasah Alharmain, dikumpulkan dengan teknologi terbaru yaitu Fox Stack Panorama.

Diperlukan waktu 7 jam dengan 1.050 gambar Fox Stack Panorama untuk mendapatkan foto beresolusi 49.000 megapixel. Proses editing foto juga membutuhkan waktu sekitar 50 jam.

Hajar Aswad ini terletak di sudut tenggara Ka’bah dan menjadi titik awal an akhir saat menjalankan tawaf.

Batu ini diyakini berasal dari surga dan diberikan kepada Nabi Ibrahim untuk ditempatkan di sudut Ka’bah.

Selain dari foto Hajar Aswad, Arab Saudi juga merilis untuk pertama kalinya foto Maqam atau jejak kaki Nabi Ibrahim di Masjidil Haram. Foto dari Maqam Nabi Ibrahim juga diambil dengan teknologi yang sama yang fokus panorama bertumpuk. Maqam ini diabadikan dengan bingkai emas, perak dan kaca.

Video Editor: Mukhammad Rengga

Penulis : Sadryna Evanalia





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:51
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   BI: ALIRAN MODAL ASING MASUK RP 10,54 TRILIUN DALAM PEKAN INI   IMF SEBUT PENGGUNAAN UANG KRIPTO DI EL SALVADOR BERPOTENSI BERMASALAH   AS AKAN MENYUMBANG 500 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 UNTUK 92 NEGARA MISKIN   INDONESIA TAMBAH PASOKAN 1 JUTA VAKSIN COVID-19 BUATAN SINOPHARM   INDONESIA PERLU RP 3.461 T HINGGA 2030 UNTUK PERUBAHAN IKLIM   MENKEU SRI MULYANI: PLN KESULITAN MEMBUAT PEMBANGKIT LISTRIK RAMAH LINGKUNGAN KARENA BUTUH DANA BESAR   PGRI NAGEKEO, NTT, MINTA PENIKAM KEPALA SD INPRES NDORA DIHUKUM MATI   21 NARAPIDANA LAPAS PEREMPUAN KELAS IIA DENPASAR MASUK IGD KARENA MINUM DISINFEKTAN DENGAN MINUMAN KEMASAN   EKSPOR OTOMOTIF RI PERIODE JANUARI-APRIL 2021 NAIK 35,67%   PEMBUKAAN KEMBALI 3 JALUR PENDAKIAN GUNUNG MERBABU PADA 14 JUNI 2021 DIBATALKAN KARENA PENINGKATAN KASUS KORONA   PEMERINTAH DESA MANGUNSARI, MAGELANG, SEDIAKAN ODONG-ODONG ANTAR-JEMPUT WARGA LANSIA YANG DIVAKSIN COVID-19   KEMENDAGRI AKAN LAKUKAN PENYEDERHANAAN BIROKRASI TAHAP II   KEMENTERIAN PPPA: "CALL CENTER" SAHABAT PEREMPUAN DAN ANAK 129 ATAU WHATSAPP 0211-129-129