Kompas TV religi beranda islami

Keutamaan Sahabat Sa'ad bin Muadz

Kompas.tv - 6 Mei 2021, 08:20 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Salah seorang sahabat Nabi yang memiliki kedudukan yang agung diantaranya adalah Sa'ad bin Muadz bin an-Nu`man bin Imri` al-Qais al-Asyhali al-Anshâri Radhiyallahu anhu.

Sa'ad adalah merupakan seorang pemuda Aus yang dikenal pemberani serta pandai menunggang kuda, ia juga dikenal sebagai pemimpin Bani Abdul Asyhal.

Setelah beliau masuk Islam melalui Ibnu Umair Radhiyallahu anhu, ia pernah mengislamkan seluruh kampung dengan berkata kepada kaumnya. “Ucapan laki-laki dan perempuan kalian haram bagiku hingga kalian masuk Islam. Masuk, Islamlah kalian!

Sa'ad bin Muadz Radhiyallahu anhu adalah orang yang banyak andil dalam beberapa peperangan diantaranya adalah perang Badar. Beliau terkena lemparan anak panah pada perang Khandaq dan sempat hidup sebulan kemudian.

Di tengah rasa sakit karena luka yang terus memburuk, Sa’ad berdoa , “Ya Allah, janganlah Engkau cabut nyawaku, sampai aku menyelesaikan urusanku dengan Bani Quraidzah.”

Lalu setelah memberikan keputusan hukum bagi bani Quraidzah. Lukanya semakin membengkak dan syahid pada tahun kelima Hijrah.

Ketika Sa’ad berpulang menghadap Ilahi. Orang-orang banyak berduka cita dan berkabung. Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam bersabda,

“Sungguh, kematian Sa’ad telah membuat Singgasana Allah terguncang.” (HR al-Bukhari)
 

Wallahu'alam bis shawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x