Kompas TV religi beranda islami

Keutamaan Sahabat Sa'ad bin Muadz

Kamis, 6 Mei 2021 | 08:20 WIB

Salah seorang sahabat Nabi yang memiliki kedudukan yang agung diantaranya adalah Sa'ad bin Muadz bin an-Nu`man bin Imri` al-Qais al-Asyhali al-Anshâri Radhiyallahu anhu.

Sa'ad adalah merupakan seorang pemuda Aus yang dikenal pemberani serta pandai menunggang kuda, ia juga dikenal sebagai pemimpin Bani Abdul Asyhal.

Setelah beliau masuk Islam melalui Ibnu Umair Radhiyallahu anhu, ia pernah mengislamkan seluruh kampung dengan berkata kepada kaumnya. “Ucapan laki-laki dan perempuan kalian haram bagiku hingga kalian masuk Islam. Masuk, Islamlah kalian!

Sa'ad bin Muadz Radhiyallahu anhu adalah orang yang banyak andil dalam beberapa peperangan diantaranya adalah perang Badar. Beliau terkena lemparan anak panah pada perang Khandaq dan sempat hidup sebulan kemudian.

Di tengah rasa sakit karena luka yang terus memburuk, Sa’ad berdoa , “Ya Allah, janganlah Engkau cabut nyawaku, sampai aku menyelesaikan urusanku dengan Bani Quraidzah.”

Lalu setelah memberikan keputusan hukum bagi bani Quraidzah. Lukanya semakin membengkak dan syahid pada tahun kelima Hijrah.

Ketika Sa’ad berpulang menghadap Ilahi. Orang-orang banyak berduka cita dan berkabung. Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam bersabda,

“Sungguh, kematian Sa’ad telah membuat Singgasana Allah terguncang.” (HR al-Bukhari)
 

Wallahu'alam bis shawab

Penulis : Agung Pribadi





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:58
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   BI: ALIRAN MODAL ASING MASUK RP 10,54 TRILIUN DALAM PEKAN INI   IMF SEBUT PENGGUNAAN UANG KRIPTO DI EL SALVADOR BERPOTENSI BERMASALAH   AS AKAN MENYUMBANG 500 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 UNTUK 92 NEGARA MISKIN   INDONESIA TAMBAH PASOKAN 1 JUTA VAKSIN COVID-19 BUATAN SINOPHARM   INDONESIA PERLU RP 3.461 T HINGGA 2030 UNTUK PERUBAHAN IKLIM   MENKEU SRI MULYANI: PLN KESULITAN MEMBUAT PEMBANGKIT LISTRIK RAMAH LINGKUNGAN KARENA BUTUH DANA BESAR   PGRI NAGEKEO, NTT, MINTA PENIKAM KEPALA SD INPRES NDORA DIHUKUM MATI   21 NARAPIDANA LAPAS PEREMPUAN KELAS IIA DENPASAR MASUK IGD KARENA MINUM DISINFEKTAN DENGAN MINUMAN KEMASAN   EKSPOR OTOMOTIF RI PERIODE JANUARI-APRIL 2021 NAIK 35,67%   PEMBUKAAN KEMBALI 3 JALUR PENDAKIAN GUNUNG MERBABU PADA 14 JUNI 2021 DIBATALKAN KARENA PENINGKATAN KASUS KORONA   PEMERINTAH DESA MANGUNSARI, MAGELANG, SEDIAKAN ODONG-ODONG ANTAR-JEMPUT WARGA LANSIA YANG DIVAKSIN COVID-19   KEMENDAGRI AKAN LAKUKAN PENYEDERHANAAN BIROKRASI TAHAP II   KEMENTERIAN PPPA: "CALL CENTER" SAHABAT PEREMPUAN DAN ANAK 129 ATAU WHATSAPP 0211-129-129