Kompas TV nasional berita utama

Beredar Daftar Nama Pegawai KPK yang Tak Lulus TWK, Ada Novel Baswedan hingga Yudi Purnomo

Kamis, 6 Mei 2021 | 07:03 WIB
beredar-daftar-nama-pegawai-kpk-yang-tak-lulus-twk-ada-novel-baswedan-hingga-yudi-purnomo
Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan berpose usai wawancara khusus dengan Tribunnews di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (19/6/2020). (Sumber: TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Setidaknya ada 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dinyatakan  tidak lulus dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebagai salah satu syarat alih status pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Imbasnya mereka pun bakal didepak dari lembaga antirasuah tersebut.

Tes ini merupakan konsekuensi dari revisi Undang-undang KPK pada 2019. Hasil revisi UU KPK mengharuskan seluruh pegawai KPK beralih status menjadi ASN.

Dari 75 pegawai yang tak lulus tersebut, beredar daftar nama-nama mereka diantaranya penyidik senior KPK, Novel Baswedan hingga Yudi Purnomo yang tak lain adalah Ketua Wadah Pegawai KPK.

Baca Juga: KPK Sebut Tak Ada Pemecatan 75 Pegawai Yang Tak Lolos TWS, Sebelum Ada Putusan BKN dan Kemenpan RB

Melansir Tribunnews, rata-rata pegawai yang akan dipecat adalah penyidik andal. Mereka pernah menjadi kepala satuan tugas dalam penanganan sejumlah perkara korupsi kakap di KPK.

Sebut saja kasus suap terhadap anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, yang menyeret kader PDIP, Harun Masiku, yang hingga saat ini masih buron.

Kemudian kasus dugaan suap bantuan sosial Covid-19 di Kementerian Sosial yang menjerat eks-Menteri Sosial, Juliari Batubara. Selain itu kasus dugaan suap izin ekspor benih lobster yang melibatkan eks-Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo.

Penulis : Gading Persada | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:05
PSSI TUNJUK BRIGJEN UDEN KUSUMA WIJAYA SEBAGAI MANAJER TIMNAS INDONESIA U-23 UNTUK SEA GAMES 2021    EGY MAULANA VIKRI DAN 7 PEMAIN LAIN BELUM BERGABUNG DALAM PEMUSATAN LATIHAN (TC) TIMNAS SEPAK BOLA INDONESIA    JUMLAH KASUS KORONA DI JEPANG: 617.890 POSITIF, 538.790 SEMBUH, 10.501 MENINGGAL DUNIA    MANUSIA TERTUA DI DUNIA, KANE TANAKA, MUNDUR SEBAGAI PEMBAWA OBOR OLIMPIADE TOKYO KARENA TAKUT SEBARKAN COVID-19    PEMERINTAH BAYANGAN MYANMAR BENTUK PASUKAN PERTAHANAN RAKYAT UNTUK LINDUNGI WARGA DARI JUNTA MILTER    TELKOM TARGETKAN PERBAIKAN KABEL LAUT FIBER OPTIK RUAS SULAWESI, MALUKU, PAPUA CABLE SYSTEM SELESAI JUNI 2021    DISHUB NGANJUK: BUS YANG BOLEH BEROPERASI SELAMA LARANGAN MUDIK JUMLAHNYA TERBATAS DAN BERSTIKER KHUSUS    TERMINAL BUS ANJUK LADANG DI NGANJUK, JATIM, TETAP BEROPERASI SELAMA LARANGAN MUDIK DARI 6-17 MEI 2021    SRI SULTAN HB X MINTA WARGA DIY SHALAT ID DI RUMAH MASING-MASING SESUAI ANJURAN KEMENAG GUNA CEGAH PENULARAN COVID-19    POLDA SUMATERA SELATAN: 2.100 PERSONEL GABUNGAN DITERJUNKAN DI POS PENYEKATAN SELAMA 24 JAM    POLDA SUMATERA SELATAN DIRIKAN 38 POS PENYEKATAN ANTARKABUPATEN/KOTA DAN 8 POS PENYEKATAN ANTARPROVINSI    POLDA SUMATERA SELATAN MENGANCAM AKAN MENAHAN MOBIL MILIK WARGA ATAUPUN TRAVEL YANG NEKAT MUDIK    POLISI MENUTUP JALAN LAYANG TOL JAKARTA-CIKAMPEK UNTUK PENYEKATAN LARANGAN MUDIK    MENPAN DAN RB SEBUT NASIB 75 PEGAWAI KPK YANG TIDAK LOLOS TES WAWASAN KEBANGSAAN MERUPAKAN MASALAH INTERNAL KPK