Kompas TV internasional kompas dunia

Pecahkan Rekor Nonuplet, Seorang Perempuan Mali Lahirkan 9 Bayi Sekaligus di Maroko

Kamis, 6 Mei 2021 | 03:53 WIB
pecahkan-rekor-nonuplet-seorang-perempuan-mali-lahirkan-9-bayi-sekaligus-di-maroko
Seorang perawat tampak menangani satu dari sembilan bayi yang dilahirkan Halima Cisse di klinik bersalin Ain Borja di Casablanca, Maroko, Rabu (5/5/2021). (Sumber: AP Photo / Abdeljalil Bounhar)

BAMAKO, KOMPAS.TV – Seorang perempuan warga negara Mali bernama Halima Cisse (25) berhasil melahirkan sembilan bayi sekaligus pada Selasa (4/5/2021). Peristiwa nonuplet atau kelahiran 9 bayi sekaligus ini tampaknya menjadi kali pertama seorang perempuan berhasil melahirkan 9 orang bayi, dan semua bayinya selamat.  

Melansir The Associated Press, Rabu (5/5/2021), 5 bayi perempuan dan 4 bayi lelaki itu, juga sang ibu, dinyatakan berada dalam keadaan sehat.

Baca Juga: Kabar Gembira! Ibu Peserta Vaksinasi Lahirkan Bayi Pertama dengan Antibodi Covid-19

Sang ibu melahirkan bayi-bayinya melalui operasi sesar pada Selasa (4/5/2021) di Maroko setelah sebelumnya dirujuk ke negara itu untuk mendapatkan penanganan dan perawatan khusus.

Pada Rabu (5/5/2021), seluruh bayi yang berhasil dilahirkan Cisse diletakkan dalam inkubator di klinik Ain Borja di Casablanca, Maroko.

Sebenarnya, Cisse hanya mengharapkan kelahiran 7 orang bayi. Di bawah instruksi pemerintah Mali, para dokter mengirim Cisse ke Maroko untuk melahirkan. Lantaran, seluruh rumah sakit di Mali, salah satu negara termiskin di dunia, tak memiliki peralatan layak untuk menangani proses kelahiran luar biasa ini.

Baca Juga: Nenek Berusia 69 Tahun yang Lahirkan Bayi Kembar Empat Tahun Lalu, Gagal Dapatkan Hak Asuh Anaknya

Direktur klinik Ain Borja, Youssef Alaoui menyatakan, “Kami telah dikontak oleh para dokter di Mali tentang kasus ini 1,5 bulan yang lalu,” katanya seraya menambahkan, para dokter di Mali tak mengharapkan kelahiran 9 orang bayi.

Cisse melahirkan bayi-bayinya secara prematur pada usia kehamilan 30 minggu. Setelah sempat mengalami pendarahan hebat dan diberi transfusi darah, Cisse kini berada dalam kondisi stabil.

Rekor Dunia Guiness Book mencatat, sejauh ini, rekor bayi terbanyak yang berhasil dilahirkan selamat berjumlah 8 bayi. Rekor kelahiran 8 bayi ini dipegang oleh Nadya Suleman, seorang warga Amerika Serikat (AS) yang berhasil melahirkan 8 bayi prematur namun sehat pada tahun 2009. Kelahiran nonuplet Cisse pun menorehkan rekor baru kelahiran bayi terbanyak.

Penulis : Vyara Lestari

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:43
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19