Kompas TV regional berita daerah

Tradisi megibung Digelar Warga Saat Bulan Suci Ramadhan

Kompas.tv - 5 Mei 2021, 18:52 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Buleleng - KOMPAS.TV , Desa pegayaman, Kecamatan Sukasada merupakan desa muslim tua yang ada di Buleleng. Desa ini diperkirakan telah ada sejak tahun 1648 desa pegayaman/ sebagai desa muslim yang telah terakulturasi berbagai kebudayaan Bali, hingga saat ini tetap mempertahankan tradisi-tradisi leluhur. salah satunya Tradisi Mengibung di saat bulan puasa. 

Sejak sore, warga mempersiapkan hidangan berbuka puasa. makanan yang telah disiapkan nantinya akan dibawa ke masjid untuk menu megibung atau makan bersama saat berbuka puasa. Hidangan yang disiapkan yakni  nasi putih, lauk-pauk, sayur, buah dan jajanan. 

Seluruh makan yang diberikan oleh warga, dihidangkan berjejer di halaman depan Masjid hingga suara lonceng isyarat berbuka dibunyikan// Tradisi Megibung ini digelar di Masjid Jami’ Syafinatussalam, Desa Pegayaman.

Tradisi Megibung atau berbuka puasa bersama di Masjid ini merupakan tradisi yang dilakukan secara turun temurun. Acara selalu digelar setiap kelipatan sepuluh hari sekali saat bulan puasa. Dimana pada hari tersebut merupakan hari khataman alquran di bulan puasa.

 

#tradisimegibung #megibung #buleleng

Share dan Subscribe channel Youtube kami di Kompastvdewata
......
......
Sosial media Facebook DI Kompastv Dewata Bali 
.....
.....
Instagram @Kompastvbalidewata
.....
.....
Saksikan tayangan lengkap kami di Televisi channel 23 UHF KompasTV dewata setiap hari di jam 05.30 WITA - 08.00 WITA



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x