Kompas TV cerita ramadan takjil

Sobia, Pelepas Dahaga Tradisional Arab Saudi saat Bulan Ramadan

Kompas.tv - 5 Mei 2021, 18:21 WIB
sobia-pelepas-dahaga-tradisional-arab-saudi-saat-bulan-ramadan
Essam Hanbazaza telah membuat dan menjual minuman Sobia bersama putra-putranya selama lebih dari 40 tahun di Jeddah. (Sumber: Arab News/Huda Bashatah)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Eddward S Kennedy

JEDDAH, KOMPAS.TV - Ramadan ditandai dengan banyaknya tradisi lokal di Arab Saudi. Makanan dan minuman disiapkan khusus selama sebulan, termasuk minuman menyegarkan bernama Sobia.

Seperti dilansir Arab News, Rabu (05/05/2021) berbahan sederhana, Sobia diyakini telah sampai ke kawasan Hijaz melalui karavan peziarah Mesir yang tiba di sana berabad-abad lalu.

Sobia mendapatkan popularitas di kalangan keluarga Hijazi dari waktu ke waktu dan menjadi minuman bulan suci Ramadan buatan rumahan karena sifat dan rasanya yang memuaskan dahaga.

Karena permintaan yang tinggi, Sobia dapat ditemukan dijual di jalan. Namun, hanya orang yang paham saja yang tahu di mana menemukan Sobia terbaik.

Resep Sobia telah diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya, dengan setiap keluarga menambahkan sentuhan dan preferensi pribadi mereka sendiri.

Beberapa keluarga Hijazi yang paling terkenal adalah Al-Khosha di Madinah, Al-Khodari, dan Al-Hussaini di Makkah, serta keluarga Hanbazaza di Jeddah.

Dalam pencarian Sobia terbaik, Arab News berbicara dengan Essam Hanbazaza yang telah membuat dan menjual minuman tersebut dengan putranya selama lebih dari 40 tahun di Jeddah. 

Kios mereka terletak di gang distrik Al-Bawadi kota.

Baca Juga: Inilah Hidangan Berbuka Puasa Favorit Rakyat Yaman yang Lezat Menggiurkan

Essam Hanbazaza telah membuat dan menjual minuman Sobia bersama putra-putranya selama lebih dari 40 tahun di Jeddah. (Sumber: Arab News/Huda Bashatah)

Hanbazaza, seorang pensiunan insinyur listrik maskapai penerbangan Saudi berusia 65 tahun, telah menyuplai penduduk Jeddah dengan resep buatan sendiri yang spesial.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x