Kompas TV internasional kompas dunia

Masjidil Haram Gunakan 70.000 Iiter Disinfektan Setiap Hari Demi Hindari Ancaman Covid-19

Kompas.tv - 5 Mei 2021, 18:07 WIB
masjidil-haram-gunakan-70-000-iiter-disinfektan-setiap-hari-demi-hindari-ancaman-covid-19
Kerajaan Arab Saudi terapkan aturan dan kebijakan ketat bidang sanitasi dan higiene di Makkah dan Madinah untuk amankan jamaah dari virus Corona. (Sumber: Saudi Press Agency)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Eddward S Kennedy

RIYADH, KOMPAS.TV - Lebih dari 70.000 liter desinfektan digunakan untuk membersihkan Masjidil Haram di Makkah setiap hari selama Ramadhan untuk melindungi dari COVID-19, seperti dilansir Arab News, Rabu, (5/5/2021).

Angka-angka tersebut menunjukkan operasi pembersihan besar-besaran yang dikerahkan di Kerajaan Arab Saudi untuk melindungi jamaah dari virus Corona.

Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menerapkan langkah-langkah ketat untuk memastikan keselamatan jamaah, termasuk menjaga jarak sosial, mengenakan masker wajah, menyediakan jalan setapak berpemandu, stasiun sanitasi, dan hanya mengizinkan jamaah yang sudah divaksinasi untuk masuk.

Bersama dengan disinfektan, 1.500 liter parfum pembersih digunakan setiap hari di masjidil haram.

Baca Juga: Cuaca Ekstrim Sebabkan Hujan Es di Mekkah dan Banjir Bandang di Sejumlah Kota di Arab Saudi

Ilustrasi sholat tarawih berjamaah di Masjidil Haram Mekkah. Lebih dari 70.000 liter desinfektan digunakan untuk membersihkan Masjidil Haram di Makkah setiap hari selama Ramadhan untuk melindungi dari COVID-19, seperti dilansir Arab News, Rabu, (5/5/2021).(Sumber: Twitter/@hsharifain)

Beberapa tindakan pencegahan kesehatan lainnya termasuk 3.000 tempat sampah yang didistribusikan di seluruh masjid, dan setiap alun-alun di Masjidil Haram dicuci 10 kali sehari.

Ada juga 200 pengawas dan 4.000 petugas kebersihan yang menjaga standar keamanan di seluruh Masjidil Haram setiap hari.

Dalam sepuluh hari pertama Ramadhan 1,5 juta jamaah mengunjungi Masjidil Haram dan jumlah itu diperkirakan akan meningkat tajam dalam 10 hari terakhir Bulan Suci.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x