Kompas TV nasional hukum

Sidang RS Ummi Bogor, Saksi Ahli Sebut Rizieq Shihab Langgar Hukum Karena Sebarkan Berita Bohong

Rabu, 5 Mei 2021 | 13:16 WIB
sidang-rs-ummi-bogor-saksi-ahli-sebut-rizieq-shihab-langgar-hukum-karena-sebarkan-berita-bohong
Suasana sidang Rizieq Shihab dan lima mantan Petinggi FPI lainnya di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Senin (3/5/2021). (Sumber: KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sidang perkara kasus tes swab palsu di RS Ummi Bogor dengan terdakwa Rizieq Shihab dilanjutkan hari ini, Rabu (5/5/2021) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur.

Agendanya, pemeriksaan dua saksi ahli dari jaksa penuntut umum, yakni: ahli sosiologi hukum dari Universitas Trisakti, Trubus Rahardiansyah dan epidemiolog Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono.

Dalam persidangan, jaksa bertanya kepada Trubus apakah kasus tes Rizieq Shihab termasuk ke dalam kategori berita bohong atau tidak. 

"Misalnya saya sakit. Saya kan tahu saya sakit apa, lalu saya publikasikan ke orang bahwa saya tidak sakit. Saya sehat-sehat saja. Apakah itu melanggar norma, bagian hoaks, memanipulasi fakta?" tanya jaksa.

Trubus menjawab hal seperti itu adalah bagian dari hoaks karena menyampaikan informasi tidak sesuai fakta. 

 "Iya, kalau itu berarti menyampaikan suatu informasi yang tidak sesuai fakta," jawab Trubus.

Menurut Trubus, contoh kasus tersebut bisa disebut sebagai rekayasa, ada yang ditutupi atau disembunyikan.

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:18
JPU HADIRKAN TIGA SAKSI DALAM KASUS TES USAP DENGAN TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB YANG DIGELAR DI PN JAKTIM   SIDANG KASUS TES USAP RS UMMI BOGOR DENGAN TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB DILANJUTKAN HARI INI   DALAM OPERASI KETUPAT 2021, SEBANYAK 155.000 PERSONEL GABUNGAN DITEMPATKAN DI 381 POS PENYEKATAN    KORLANTAS POLRI MENAMBAH TITIK PENYEKATAN MUDIK DALAM OPERASI KETUPAT 2021 DARI 333 TITIK JADI 381   KORLANTAS POLRI GELAR OPERASI KETUPAT 2021 PADA 6-17 MEI BERTEPATAN DENGAN KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK   ANTISIPASI PEMUDIK, PT JASA MARGA AKAN MELAKUKAN PENYEKATAN DI SEJUMLAH JALAN TOL MULAI KAMIS DINI HARI    PEMPROV RIAU TARIK SELURUH MOBIL DINAS PNS AGAR TAK DIGUNAKAN UNTUK MUDIK   KEMENKES INGATKAN PEMDA UNTUK MEWASPADAI PENINGKATAN KASUS COVID-19 DI WILAYAH MASING-MASING   KEMENKES: 10 PROVINSI ALAMI KENAIKAN KASUS AKTIF COVID-19 DALAM 4 MINGGU TERAKHIR   DIRLANTAS POLDA DIY KOMBES IWAN SAKTIADI WASPADAI MOBIL AMBULANS DISALAHGUNAKAN UNTUK MUDIK LEBARAN   ASDP MERAK MENCATAT 218.982 PENUMPANG MENYEBERANG KE PELABUHAN BAKAUHENI, LAMPUNG, SEJAK 28 APRIL HINGGA 4 MEI 2021   CEGAH KERUMUNAN, JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO MEMINTA MASYARAKAT BERBELANJA DARING JELANG LEBARAN   LARANGAN MUDIK, EPIDEMIOLOG UGM BAYU SATRIA MINTA PEMPROV DKI JAGA KETAT JALAN TIKUS KELUAR MASUK JAKARTA   CEGAH COVID-19, PRESIDEN JOKOWI MINTA PANGDAM & KAPOLDA DI SELURUH DAERAH AWASI KEPULANGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA