Kompas TV klik360 cerita indonesia

Viral Pengurus Masjid Usir Jamaah Pakai Masker, Ini Kata Menag

Rabu, 5 Mei 2021 | 12:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas menegaskan salat menggunakan maskaer ditujukan untuk menjaga kesehatan dan sifatnya wajib.

Hal ini disampaikan untuk merespon soal viralnya pengurus masjid yang melakukan pengusiran terhadap jemaah yang menggunakan masker saat menjalankan ibadah.

"Salat pakai masker itu kan paling banter kalau dihukum makruh. Sekali lagi menjaga kesehatan, menjaga keselamatan itu wajib," kata Yaqut.

Ia juga mencontohkan pelaksanaan salat tarawih di Masjidil Haram Mekkah yang masih menggunakan masker disaat pandemi covid-19.

“Pakai masker dalam kondisi darurat apapun boleh dilakukan untuk menyelamatkan diri sendiri, menyelamatkan lingkungan kita itu hukum darurat,”ujar Yaqut.

“Jadi boleh pakai masker. Coba lihat di Masjidil Haram itu, itu mereka solat tarawih fardu di sana pakai masker, Karena melindungi diri sendiri wajib hukumnya," lanjutnya.

Diketahui Sebelumnya, viral di media sosial seorang pengurus masjdi di wilayah Bekasi yang mengusir warga yang salat menggunakan masker yang sontak mendapat perhatian dari warganet.

Video Editor: Rengga

Penulis : Theo Reza





BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Nekat Mudik Kendarai Bajaj

Rabu, 5 Mei 2021 | 12:20 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:26
JPU HADIRKAN TIGA SAKSI DALAM KASUS TES USAP DENGAN TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB YANG DIGELAR DI PN JAKTIM   SIDANG KASUS TES USAP RS UMMI BOGOR DENGAN TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB DILANJUTKAN HARI INI   DALAM OPERASI KETUPAT 2021, SEBANYAK 155.000 PERSONEL GABUNGAN DITEMPATKAN DI 381 POS PENYEKATAN    KORLANTAS POLRI MENAMBAH TITIK PENYEKATAN MUDIK DALAM OPERASI KETUPAT 2021 DARI 333 TITIK JADI 381   KORLANTAS POLRI GELAR OPERASI KETUPAT 2021 PADA 6-17 MEI BERTEPATAN DENGAN KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK   ANTISIPASI PEMUDIK, PT JASA MARGA AKAN MELAKUKAN PENYEKATAN DI SEJUMLAH JALAN TOL MULAI KAMIS DINI HARI    PEMPROV RIAU TARIK SELURUH MOBIL DINAS PNS AGAR TAK DIGUNAKAN UNTUK MUDIK   KEMENKES INGATKAN PEMDA UNTUK MEWASPADAI PENINGKATAN KASUS COVID-19 DI WILAYAH MASING-MASING   KEMENKES: 10 PROVINSI ALAMI KENAIKAN KASUS AKTIF COVID-19 DALAM 4 MINGGU TERAKHIR   DIRLANTAS POLDA DIY KOMBES IWAN SAKTIADI WASPADAI MOBIL AMBULANS DISALAHGUNAKAN UNTUK MUDIK LEBARAN   ASDP MERAK MENCATAT 218.982 PENUMPANG MENYEBERANG KE PELABUHAN BAKAUHENI, LAMPUNG, SEJAK 28 APRIL HINGGA 4 MEI 2021   CEGAH KERUMUNAN, JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO MEMINTA MASYARAKAT BERBELANJA DARING JELANG LEBARAN   LARANGAN MUDIK, EPIDEMIOLOG UGM BAYU SATRIA MINTA PEMPROV DKI JAGA KETAT JALAN TIKUS KELUAR MASUK JAKARTA   CEGAH COVID-19, PRESIDEN JOKOWI MINTA PANGDAM & KAPOLDA DI SELURUH DAERAH AWASI KEPULANGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA