Kompas TV video sinau

Deretan Fakta Sungai Gangga: Dipercaya Suci hingga Tempat Melarung Abu Jenazah

Kompas.tv - 5 Mei 2021, 18:13 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus Covid-19 di India mencetak rekor terburuk secara global. Banyak yang menyakini salah satu penyebab tsunami Covid-19 yang mengerikan di India berawal festival keagamaan di Sungai Gangga. Di mana jutaan orang berkumpul dan mandi di Sungai Gangga untuk ritual keagamaan paling suci di India.

Bagi warga India, Sungai Gangga adalah nadi kehidupan. Dan berikut sederet fakta mencengangkan tentang Sungai Gangga:

1. Sungai Gangga merupakan sungai terbesar ketiga di dunia dan sungai terpanjang di India. Berasal dari air gletser di Himalaya, Sungai Gangga mengalir dari pegunungan Himalaya hingga utara India dan Bangladesh.

2. Sungai Gangga dipercaya sebagai sungai suci. Keberadaan Sungai Gangga memainkan peranan besar dalam ritual keagamaan Hindu sejak ratusan tahun silam. Membasuh diri dengan menggunakan air sungai gangga diyakini akan menyucikan manusia dari semua dosa.

3. Meski berperan besar, Sungai Gangga ternyata salah satu sungai paling tercemar di dunia. Pencemaran disebabkan limbah manusia dan industri. Setiap tahun tak kurang dari 115.000 ton sampah plastik mengotori sungai ini. Sungai Gangga juga menjadi lokasi pelarungan abu jenazah yang sudah dikremasi. Namun warga miskin yang tak mampu untuk menggelar kremasi, mereka terkadang menghanyutkan begitu saja jenazah kerabat mereka di sungai. Hasilnya ada ratusan ton potongan tubuh manusia di sungai ini.

4. Sungai Gangga adalah habitat untuk lumba-lumba air tawar dan hiu air tawar yang langka. Karena keberadaan spesies ini sulit ditemukan, International Union for Conservation of Nature mencatat spesies ini sebagai hewan yang sangat terancam punah.

Baca Juga: Mutasi Corona Asal India, Inggris, dan Afsel Sudah Masuk Indonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x