Kompas TV olahraga kompas sport

Juni Mendatang, UEFA Izinkan Setiap Tim Diperkuat 26 Pemain di Piala Eropa

Kompas.tv - 4 Mei 2021, 23:18 WIB
juni-mendatang-uefa-izinkan-setiap-tim-diperkuat-26-pemain-di-piala-eropa
Piala Eropa 2020 yang akan digelar 11 Juni - 11 Juli 2021. UEFA mengumumkan akan mengizinkan perluasan jumlah anggota skuad menjadi 26 orang di Euro 2020, memenuhi permintaan dari para pelatih yang khawatir mereka bisa kehilangan pemain karena virus corona, seperti dilansir France24, Selasa, (04/05/2021) (Sumber: UEFA)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Deni Muliya

LAUSANNE, KOMPAS.TV - UEFA mengumumkan akan mengizinkan perluasan jumlah anggota skuad menjadi 26 orang di Euro 2020.

Hal itu guna memenuhi permintaan dari para pelatih yang khawatir mereka bisa kehilangan pemain karena virus corona, seperti dilansir France24, Selasa, (04/05/2021).

Badan pengatur sepak bola Eropa UEFA mengatakan, telah menyetujui peningkatan dari 23 pemain.

"Untuk kurangi risiko tim yang hadapi kekurangan pemain karena kemungkinan hasil tes Covid-19 positif dan karantina," katanya.

Pelatih Prancis Didier Deschamps dan bos Belgia Roberto Martinez termasuk di antara mereka yang menyerukan perubahan, sementara manajer Inggris Gareth Southgate menentang.

Tim yang akan berlaga di pertandingan masih akan dibatasi menjadi 23 pemain.

UEFA mengklarifikasi peraturan saat ini, memungkinkan pelatih mengganti skuad mereka dalam kasus "cedera atau penyakit serius".

Sehingga, mencakup pemain yang dinyatakan positif Covid-19 atau yang dinyatakan sebagai "kontak dekat" dari orang yang dites Covid-19 positif.

Hal itu berlaku setelah batas waktu 1 Juni hingga pertandingan pertama mereka.

Baca Juga: Pemain Timnas Italia di Piala Eropa Menjalani Vaksinasi Covid-19

Trofi Piala Eropa 2021 yang akan digelar 11 Juni - 11 Juli 2021. UEFA mengumumkan akan mengizinkan perluasan jumlah anggota skuad menjadi 26 orang di Euro 2020, memenuhi permintaan dari para pelatih yang khawatir mereka bisa kehilangan pemain karena virus corona, seperti dilansir France24, Selasa, (04/05/2021)(Sumber: Getty Images)

Peraturan baru juga akan memungkinkan penjaga gawang diganti sebelum setiap pertandingan selama turnamen jika terjadi ketidakmampuan fisik bahkan jika satu atau dua penjaga gawang dari daftar pemain masih tersedia.

Seorang pemain yang telah diganti pada daftar pemain nantinya tidak akan diizinkan untuk kembali ke kompetisi.

UEFA telah memutuskan, tim akan diizinkan mengganti lima pemain dalam setiap pertandingan di Euro 2020 yang ditunda hingga tahun ini.

Alih-alih tiga pemain, sejalan dengan aturan saat ini di banyak kompetisi tingkat klub.

Tim nasional telah menunjuk skuat yang terdiri dari 23 pemain di Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa sejak Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan.

Euro 2020 ditunda tahun lalu karena pandemi.

Namun demikian akan berlangsung di tempat-tempat di seluruh benua Eropa, dari 11 Juni hingga 11 Juli.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.