Kompas TV nasional hukum

KPK Tetapkan Angin Prayitno Aji Sebagai Tersangka Dugaan Kasus Suap Pemeriksaan Pajak

Kompas.tv - 4 Mei 2021, 20:08 WIB
kpk-tetapkan-angin-prayitno-aji-sebagai-tersangka-dugaan-kasus-suap-pemeriksaan-pajak
Direktur Pemeriksaan dan Penagihan pada Direktorat Jenderal Pajak tahun 2016-2019 Angin Prayitno Aji mengenakan rompi oranye keluar dari gedung KPK, Selasa (4/5/2021). (Sumber: KOMPAS.com / IRFAN KAMIL)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mantan Direktur Pemeriksaan dan Penagihan pada Direktorat Jenderal Pajak, Angin Prayitno Aji sebagai tersangka.

Angin Prayitno Aji jadi tersangka dalam kasus dugaan suap penerimaan hadiah atau janji terkait dengan pemeriksaan perpajakan tahun 2016 dan tahun 2017 pada Ditjen Pajak.

Ketua KPK Firli Bahuri menjelaskan, penetapan ini setelah penyidik menemukan bukti permulaan yang cukup dari pengumpulan informasi dan data, serta pemeriksaan saksi dalam proses penyelidikan.

“KPK melakukan penyelidikan dan meningkatkan status perkara ini ke penyidikan pada bulan Februari 2021, dengan menetapkan tersangka APA (Angin Prayitno Aji),” ujar Firli Bahuri dalam konferensi pers, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga: Angin Prayitno Aji Penuhi Panggilan KPK

Selain Angin Prayitno Aji, KPK juga menetapkan lima tersangka lainnya yakni Kepala Subdirektorat Kerja sama dan Dukungan Pemeriksaan pada Ditjen Pajak, Dadan Ramdani dan Kuasa Wajib Pajak Veronika Lindawati.

Ada juga tiga konsultan pajak yang ikut ditetapkan sebagi tersangka yakni Ryan Ahmad Ronas, Aulia Imran Maghribi, dan Agus Susetyo.

Atas perbuatannya, Angin Prayitno Aji dan Dadan Ramdani disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUH Pidana.

Sedangkan Ryan Ahmad Ronas, Aulia Imran Maghribi, Veronika Lindawati dan Agus Susetyo disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 Ayat (1) huruf b atau Pasal 13 UU Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUH Pidana.

Baca Juga: Barang Bukti Berkas dari PT Jhonlin Baratama Terkait Kasus Dugaan Suap Pajak Diduga Dibawa Kabur

Langsung ditahan

Firli menambahkan, untuk kepentingan penyidikan, KPK melakukan penahanan terhadap tersangka Angin Prayitno Aji selama 20 hari ke depan terhitung sejak 4 Mei 2021.

Sebagai upaya pencegahan covid-19, Angin terlebih dahulu akan diisolasi di rutan KPK kavling C1 pada gedung ACLC.

Baca Juga: Info Penggeladahan Bocor, KPK Usut Dokumen Kasus Suap Pajak yang Dibawa Kabur dengan Truk

“Tersangka APA (Angin Prayitno Aji) untuk 20 hari ke depan terhitung sejak tanggal 4 Mei 2021 sampai dengan 23 Mei 2021 di Rutan KPK Gedung Merah Putih,” ujar Firli.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x