Kompas TV nasional update corona

Kemenkes Ungkap Virus Corona B1617 dari India Sudah Masuk Indonesia Sebulan Lalu

Kompas.tv - 4 Mei 2021, 17:21 WIB
kemenkes-ungkap-virus-corona-b1617-dari-india-sudah-masuk-indonesia-sebulan-lalu
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan fakta baru kasus virus Corona B1617 dari India. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membeberkan fakta baru kasus virus Corona B1617 dari India yang menjangkiti 2 Warga Negara Indonesia (WNI) di Jakarta. 

Hal ini diungkapkan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. 

Salah seorang pasien terbukti positif terjangkit virus turunan (strain) Covid-19 dari India berdasarkan pemeriksaan hidung (nasofaring) dan tenggorokan (orofaring) pada 3 April 2021 silam.

Baca Juga: Mengenal Mutasi Corona B1617 yang Picu Tsunami Covid-19 di India

“WNI B1617 saat ini sakitnya saat positif di awal April dengan kondisi sekarang tidak ada gejala berat. Jadi hanya melakukan isolasi mandiri. Saat ini sudah sehat, sudah negatif, kemudian memang ini adalah klaster keluarga,” beber Nadia dalam jumpa pers virtual yang tersiar di akun Youtube Kementerian Kesehatan RI, Selasa (4/5/2021)

Nadia mengungkapkan, suami dan anak WNI berusia 32 tahun itu juga ikut terjangkit virus Corona.

Menurut Nadia, WNI itu adalah seorang tenaga kesehatan yang menangani warga negara asing (WNA) pasien Covid-19 sebelum ikut tertular.

“Memang beliau adalah tenaga kesehatan ya, yang banyak berhubungan dengan pasien-pasien yang merupakan WNA,” terang Nadia.

Pihak Kemenkes, kata Nadia, masih terus menyelidiki asal penularan virus Covid-19 dari India. Ada kemungkinan nakes itu tertular dari WNA yang berarti kasus impor (imported case).

Kemungkinan lainnya, ia terjangkit virus Corona B1617 dari transmisi lokal lewat keluarganya yang juga positif Covid-19.

Baca Juga: Lonjakan Pasien Covid-19 Tak Tertolong, Krematorium di India Kewalahan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.