Kompas TV religi beranda islami

Sedekah Menjaga Hati - SAHUR TIME

Kompas.tv - 5 Mei 2021, 03:34 WIB
Penulis : Luthfan

Sedekah diambil dari kata shadaqah yang berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti “kebenaran”. Sedekah memiliki beberapa keutamaan, yaitu sedekah tidak mengurangi harta, dapat menghapus dosa hingga melipatgandakan pahala.

“Mereka itu di beri pahala dua kali lipat (karena beriman kepada Taurat dan Al-Qur'an) disebabkan kesabaran mereka, dan mereka menolak kejahatan dengan kebaikan dan menginfakkan sebagian dari rezekinya yang telah kami berikan kepada mereka.” (QS. Al-Qasas Ayat 54).

Berbeda dengan zakat fitrah dan mal yang sudah ada ketentuannya, sedekah memiliki sifat yang bebas asalkan berkaitan dengan kebaikan, sebab sedekah merupakan amalan yang dicintai oleh Allah SWT. 

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah: 271).

Kita sebagai manusia ketika memiliki kelebihan hendaklah bersedekah. Apa yang kita miliki tentu ada haknya orang lain dan apa yang ada sama kita bukan untuk kita sendiri, maka harus kita bagi kepada orang yang lebih membutuhkan.

Wallahu'alam bis shawab.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x