Kompas TV regional berita daerah

Nikmatnya Palekko Itik, Kuliner Khas Bugis Laris Dibulan Ramadhan

Kompas.tv - 4 Mei 2021, 16:07 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - sulawesi selatan di kenal dengan beragam kulinernya yang khas,  salah satunya palekko itik. di bulan ramadan, masakan khas ini menjadi primadona menemani menu berbuka puasa maupun sahur.
aktivitas mulai terlihat di usaha rumahan , di  jalan daeng tata raya, makassar, jelang siang hari. para pekerja mulai sibuk menyiapkan menu masakan khas bugis, palekko itik. sebelum di masak, ekor itik muda di potong kecil- kecil,  pemilihan itik muda lantaran dagingnya tidak keras. setelah dipotong kecil, lalu dimasak dan dicampur dengan bumbu diantaranya bawang merah, bawang putih, dan cabai.  palekko itik dimasak hingga dagingnya empuk, dan bumbu meresap kedalam daging. palekko itik biasanya disajikan dengan buras yang terbuat dari beras dan dicampur dengan santan hingga rasanya gurih dan tidak tawar .

dibulan ramadan, palekko itik menjadi menu favorit warga. selain sensasi rasanya, dagingnya yang lembut juga pas menemani waktu sahur maupun berbuka puasa.
banyaknya pesanan, membuat usaha rumahan itik palekko dapat menghabiskan lima puluh ekor itik dalam sehari,, sementara pesanan untuk buras mencapai seribu ikat.

selain kota makassar, pesanan juga datang dari luar provinsi seperti jakarta, balikpapan, kendari, manado, hingga manokwari. untuk menarik minat pembeli lainnya, promosi juga dilakukan di media sosial.

untuk satu porsi palekko itik dijual mulai dari lima belas ribu rupiah hingga sembilan puluh ribu rupiah. sementara untuk buras dijual tiga ribu rupiah per ikat.


#PALLEKKOITIK
#RAMADHAN
#TAKJIL



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x