Kompas TV regional berita daerah

Pisang Ijo Dan Kolak Pisang, Menu Favorite Berbuka

Kompas.tv - 4 Mei 2021, 15:40 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Aneka takjil yang dijual pedangang di jalan mappanyukki kota makassar laris jelang berbuka puasa. Pisang ijo dan kolak pisang menjadi menu favorite selain cita rasanya dan harga yang terjangkau.

Di bulan Ramadan seperti saat ini, begitu banyak menu buka puasa di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.Kedua daerah ini agak mirip-mirip soal makanan khas yang dijadikan menu buka puasa.

Jika Anda singgah di Makassar dan daerah-daerah di Sulsel, beberapa makanan khas itu paling banyak dicari dan cocok sebagai menu buka puasa.
Jangan khawatir, teman-teman tak perlu jauh-jauh ke Makassar untuk menikmati sajian ini.

Makanan ini sudah banyak dijual di kota-kota besar di Indonesia.Nah, berikut ini, 7 menu makanan atau kue manis yang kerap dijadikan kudapan buka puasa.

Pisang Ijo salah satu menu berbuka puasa ini tak pernah sepi peminat.Tak hanya dari Sulawesi Selatan, tapi hingga ke daerah-daerah lain di luar Sulsel.


Disebut es pisang ijo karena makanan ini terbuat dari buah pisang raja yang dibungkus dengan kulit berwarna hijau. Kulit ini terbuat dari adonan tepung.

Es pisang ijo biasanya menggunakan jenis pisang raja. Jenis pisang ini banyak terdapat di Sulawesi Selatan.Setelah dibungkus dengan adonan tepung warna hijau, diberi kuah santan asli yang dimasak dengan tepung beras.

Lalu untuk menambah kelezatan rasanya, pisang ijo yang sudah diberi kuah kental ini disiram dengan sirup manis dan susu kental manis. Termasuk menambahkan es batu secukupnya.

Warna hijau pada balutan pisang di es pisang ijo dapat membawa rasa damai dan sejuk bagi siapa pun yang melihatnya.


#TAKJIL
#RAMADHAN
#BUKAPUASA



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x