Kompas TV nasional kesehatan

Buah Delima, Solusi Ampuh Tingkatkan Kesuburan saat Program Hamil

Kompas.tv - 4 Mei 2021, 15:48 WIB
buah-delima-solusi-ampuh-tingkatkan-kesuburan-saat-program-hamil
Buah Delima, Ampuh Tingkatkan Kesuburan Saat Program Hamil (Sumber: Dok. Pribadi)
Penulis : Dian Septina | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Banyak cara bagi setiap pasangan suami-istri untuk mendapatkan keturunan. Dengan rutin mengkonsumsi buah yang memiliki khasiat dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita.

Buah delima, buah dengan nama latin Punica Granatum ini ternyata sudah dipercaya sejak dulu sebagai salah satu buah yang direkomendasikan pada program hamil. Kandungan pada buah delima dapat meningkatkan kerja organ reproduksi pada manusia.

Berbagai jenis buah delima memiliki kandungan yang sama. Buah yang juga dikenal sebagai buah surga ini, sangat mudah untuk dibudidayakan.

Baca Juga: 10 Manfaat Kunyit Hitam, Salah Satunya Obat Herbal Penangkal Kanker

Istilah Afrodisiak sangat melekat pada buah berbiji dengan sekat lima bagian di dalamnya. Asam folat yang ditemukan dalam buah delima diketahui mampu meningkatkan kesuburan dengan meningkatkan aliran darah ke rahim dan memperkuat lapisan rahim.

Melansir dari Medical News Today, buah delima merupakan sumber karbohidrat, serat pangan, serta vitamin C, E, K, B1, B2, B3, B5, dan B6. Selain itu, buah delima juga mengandung berbagai mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, dan seng.

Antioksidan yang begitu kaya pada buah delima sangat baik ini untuk mencegah dan menghilangkan penumpukan peradangan sistemik, yang sering kali memicu timbulnya cedera fisik ringan, nyeri, gangguan autoimun, alergi parah, diabetes, penyakit kardiovaskular hingga kanker.

Baca Juga: Alami Insomnia, Mahasiswa UMM Beri Solusi: Makan Dua Buah Kiwi

Dalam sebuah studi pada 2014, 70 pria dewasa yang tidak memiliki sperma cukup sehat untuk disumbangkan ke bank sperma, setelah melakukan pengobatan tiga bulan dengan ekstrak buah delima dan bubuk akar galanga, motilitas sperma mereka meningkat 62%.

Beberapa penelitian dilakukan untuk lebih spesifik mengetahui efek 'viagra' yang ada pada delima. Queen Margaret University, Edinburgh, menjelaskan bahwa sebanyak 60 subjek penelitian, baik pria dan wanita, telah berpartisipasi dalam waktu dua minggu.

Air liur mereka diteliti untuk mengecek kadar testosteron dan dicatat tingkat testosteron mereka meningkat sebesar 24%.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.