Kompas TV bisnis ukm

Cerita Pemilik UKM Pria Tampan Bisa Ekspor Batik ke AS dan Kanada meski Pandemi

Selasa, 4 Mei 2021 | 15:11 WIB
cerita-pemilik-ukm-pria-tampan-bisa-ekspor-batik-ke-as-dan-kanada-meski-pandemi
Proses pembuatan batik di CV Pria Tampan (Sumber: LPEI )

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bukan hal yang mudah bagi para pelaku UMKM menjalankan usahanya di tengah Pandemi Covid-19. Agar dapat bertahan, sang pemilik usaha harus bekerja keras dan menerapkan strategi yang jitu.

Hal itulah yang dialami Andri Setyawan, pemilik CV Pria Tampan, sebuah UMKM Kain Batik Cap Berorientasi Ekspor asal Sukaharjo, Jawa Tengah. Ia harus melakukan berbagai upaya agar kegiatan operasionalnya terus berjalan, cash flow usahanya terjaga serta menghindari pemutusan kerja. 

Selain itu, Andri juga harus menjaga hubungannya dengan pembeli luar negeri. Baginya, konsistensi kualitas dan pelayanan personal yang baik merupakan kunci utama untuk mempertahankan kepercayaan pembeli.

Baca Juga: Lewat Program Ekspor Shopee, Brand Lokal "Roughneck 1991" Tembus Pasar Brazil

Buah kerja keras itu terlihat, karena saat ini 95 persen produk Kain cap Andri Setiawan menembus pasar Amerika Serikat dan Kanada sejak lebih dari 3 tahun lalu.

Pekerja sedang menjahit batik cap produksi CV Pria Tampan (Sumber: LPEI)

Bahkan dalam kondisi tidak ada PO (Purchase Order) dari negara lain, Andri Setiawan tetap melakukan ekspor ke Negara Amerika Serikat dan Kanada untuk memenuhi kebutuhan perusahan retailer yang ada di sana. Setiap bulan, ia mampu mengirim 5 kontainer senilai 160 ribu dollar AS.

Bahkan pada bulan April 20201, pengiriman itu meningkat mencapai 7 kontainer bernilai 220 ribu dollar AS.

Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:09
INGGRIS HANTAM KROASIA LEWAT GOL TUNGGAL STERLING PADA MENIT KE-57 DI PERTANDINGAN GRUP D PIALA EROPA 2020   SEBUAH MOBIL SUV PECAH BAN DAN TABRAK 3 MOTOR DI GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA, SATU ORANG TEWAS   POLISI SITA BARANG BUKTI GANJA DARI MUSISI ANJI SAAT DITANGKAP DI KAWASAN CIBUBUR, JAKARTA TIMUR   CEGAH PUNGLI, KAPOLRES PELABUHAN TANJUNG PRIOK MINTA PERUSAHAAN PENYELENGGARA JASA PELABUHAN PERKETAT PENGAWASAN   POLRES JAKARTA UTARA TAMBAH 90 PERSONEL DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK UNTUK PATROLI DI WILAYAH RAWAN SAAT JAM SIBUK   DISHUB DKI JAKARTA PASTIKAN UJI COBA JALAN LAYANG NON-TOL UNTUK LINTASAN PESEPEDA “ROAD BIKE” BERLANJUT   SEJUMLAH WARGA JABODETABEK AJUKAN GUGATAN GANTI RUGI KEPADA MANTAN MENSOS JULIARI BATUBARA TERKAIT KORUPSI BANSOS   WAKIL BUPATI GARUT HELMI BUDIMAN SEBUT KASUS COVID-19 TEMBUS ANGKA 200 DALAM DUA HARI TERAKHIR   PEMERINTAH PARIGI MOUTONG, SULAWESI TENGAH SEBUT TANAMAN JAGUNG MASIH JADI KOMODITAS PRIORITAS PANGAN   PEMERINTAH AKAN BUKA GEDUNG TOWER 8 WISMA ATLET UNTUK TAMPUNG PASIEN COVID-19 TANPA GEJALA   KEPALA BNPB: PEMERINTAH AKAN TINGKATKAN JUMLAH “TRACING” DAN “TREATMENT” SEBAGAI STRATEGI KENDALIKAN PANDEMI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT COVID-19 VARIAN INDIA MASUK MELALUI PEKERJA MIGRAN YANG KEMBALI LEWAT PELABUHAN   MENTERI LHK SITI NURBAYA HARAP REHABILITASI HUTAN DAN LAHAN DI DANAU TOBA DAPAT TINGKATKAN KUALITAS LINGKUNGAN   MENTERI BUMN ERICK THOHIR APRESIASI KEHADIRAN PERTASHOP YANG SALURKAN BBM DI PERDESAAN