Kompas TV regional update corona

Klaster Kelompok Pengajian, 54 Warga Cianjur Terkonfirmasi Positif Covid-19

Kompas.tv - 4 Mei 2021, 14:25 WIB
klaster-kelompok-pengajian-54-warga-cianjur-terkonfirmasi-positif-covid-19
ilustrasi (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

CIANJUR, KOMPAS.TV - Sebanyak 54 warga terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster kelompok pengajian di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Cianjur Yusman Faisal mengatakan klaster ini ditemukan berawal dari satu jemaah pengajian yang mengeluh sakit.

Baca Juga: Muncul Klaster Tarawih di Bantul, Sebanyak 22 Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19

Jemaah tersebut mengaku mengalami gangguan indra penciuman. Usai melakukan pemeriksaan di puskesmas, diketahui jemaah dinyatakan positif Covid-19.

"Mengalami gejala anosmia atau gangguan pada indra penciuman. Setelah diperiksakan ke puskesmas hasilnya ternyata positif," ujar Yusman, Senin (3/5/2021).

Mendapatkan hasil positif, tim medis puskesmas setempat langsung melakukan penelusuran terhadap warga yang kontak erat. Hasilnya, 54 orang dinyatakan positif Covid-19.

Baca Juga: Klaster Pendidikan di Yogyakarta, 14 Mahasiswa dan 2 Orangtua Terkonfirmasi Positif Covid-19

"Mereka berasal dari satu kampung. (Awalnya 49) dikembangkan lagi dan bertambah 5 orang dari kampung lain. Jadi totalnya ada 54 orang yang kena," sebut Yusman.

Hampir keseluruhan warga yang terkonfirmasi terpapar Covid-19 dinyatakan positif tanpa gejala. Sehingga, isolasi hanya dilakukan di rumah masing-masing. Sementara, satu warga yang mengalami penyakit penyerta dirawat di RSUD Pagelaran Cianjur.

Yusman menambahkan demi memutus rantai penyebaran Covid-19, pihaknya telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro (PPKM) secara ketat.

Baca Juga: Klaster Perkantoran Jakarta Naik, Wagub Minta Perusahaan Atur Jam Kerja



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x