Kompas TV nasional wawancara

IDAI: Kami Belum Merekomendasikan Sekolah Tatap Muka

Selasa, 4 Mei 2021 | 10:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Meski saat ini angka penularan covid-19 di Indonesia masih terbilang tinggi.

Pemerintah memastikan sekolah tatap muka akan mulai digelar pada Juli mendatang setelah 1 tahun lebih melaksanakan pembelajaran daring.

Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim memberikan catatan yang mesti dipersiapkan saat sekolah tatap muka dilakukan.

Satriwan mengatakan, pertama pelaksanaan vaksinasi dipercepat dan dilakukan sampai tuntas, kedua masalah konteks daftar periksa kesiapan sekolah.

Komisioner Ombudsman Robert Na Endi Jaweng menyebut, dalam pelaksaan sekolah tatap muka yang dilihat tidak hanya soal kesiapannya, tetapi juga kondisi di masyarakat sendiri dan kemampuan daerah untuk memitigasi resiko.

Robert menegaskan, keselamatan dan kesehatan harus ditempatkan sebagai mahkota, sebagai dasar berpikir dan mengambil kebijakan.

Sementara itu Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia DKI Jakarta Profesor Dokter Rini Sekartini menyebut, DAI sudah jelas belum merekomendasikan sekolah tatap muka.

Rini mengingatkan, vaksin tetap tidak menjamin diri agar tak terinfeksi covid-19, dan bagaimana menjamin siswa tetap menggunakan prokes hingga sampai ke rumahnya juga menjadi kelemahan dalam pemberlakuan sekolah tatap muka. 

Penulis : Natasha Ancely





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:29
PEMERINTAH KOREA SELATAN TARGETKAN 70 PERSEN POPULASI SUDAH DIVAKSINASI SEPTEMBER MENDATANG   TIM GRESINI RACING RESMI GANDENG DUCATI DI MOTOGP MUSIM DEPAN DENGAN DURASI KONTRAK DUA TAHUN   TIM MERCEDES AMG F1 BERHARAP TAMPIL DOMINAN DI SIRKUIT PAUL RICARD AKHIR PEKAN INI   UKRAINA BUNGKAM MACEDONIA UTARA DENGAN SKOR 2-1 DI LAGA LANJUTAN GRUP C PIALA EROPA 2020   PERTANDINGAN DENMARK KONTRA BELGIA AKAN DILAKUKAN PENGHORMATAN UNTUK CHRISTIAN ERIKSEN PADA MENIT KE-10   PERSATUAN SEPAK BOLA DENMARK UMUMKAN GELANDANGNYA, CHRISTIAN ERIKSEN, AKAN DIPASANG ALAT PACU JANTUNG   PETENIS RAFAEL NADAL MUNDUR DARI WIMBLEDON DAN OLIMPIADE TOKYO KARENA ALASAN KESEHATAN   WALI KOTA TANGSEL BENYAMIN DAVNIE SEBUT WILAYAHNYA DALAM KONDISI DARURAT KARENA RS RUJUKAN KORONA TERISI 74 PERSEN   WALI KOTA TANGSEL BENYAMIN DAVNIE: BELAJAR TATAP MUKA KEMUNGKINAN BESAR DITUNDA KARENA LONJAKAN KASUS COVID-19   PEMKOT TANGERANG AKAN GUNAKAN RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL MILIK DINSOS JADI RUMAH ISOLASI TERKONSENTRASI (RIT)   PEMPROV JATENG TAMBAH RSJD DR AMINO GONDOHUTOMO, SEMARANG, DAN RSUD KELET, JEPARA, SEBAGAI RS RUJUKAN COVID-19   KASUS POSITIF KORONA NAIK, OMBUDSMAN JAKARTA RAYA IMBAU PEMPROV DKI TARIK REM DARURAT PENANGANAN COVID-19   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR CHARLES HONORIS DORONG PEMERINTAH TERAPKAN LAGI PSBB GUNA TEKAN PENYEBARAN COVID-19   PANGLIMA TNI: PEMERINTAH SEDANG SIAPKAN PROGRAM 1 JUTA VAKSINASI PER HARI YANG AKAN DISEBAR DI 100 TITIK DI INDONESIA