Kompas TV cerita ramadan tradisi

Mengenang Safari Ramadan Gaya Harmoko yang Banyak Ditiru Para Politikus Masa Kini

Selasa, 4 Mei 2021 | 04:35 WIB
mengenang-safari-ramadan-gaya-harmoko-yang-banyak-ditiru-para-politikus-masa-kini
Menteri Penerangan Harmoko (1983-1997) saat Safari Ramadan ke  Cirebon(Sumber: Arsip Kabupaten Cirebon)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Seandainya tak ada pandemi Covid-19, niscaya safari ramadan adalah agenda utama yang banyak dilakukan oleh para politikus saat ini.  Mereka akan mendatangi sesama partai politik atau turun menemui konstituen.

Gaya safari ramadan dinilai efektif meriah dukungan sekaligus meningkatkan citra parpol. Adalah Menteri Penerangan Harmoko yang menjabat pada 1983-1997, yang pertama kali mengadakan acara ini.

Kegiatan ini semakin intens ketika Harmoko dipercaya menjadi Ketua Umum Golkar pada 1993–1998. Safari ramadan bisanya dilaksanakan selama 10 sampai 14 hari setiap bulan Ramadan dengan berkunjung ke sejumlah daerah.

Baca Juga: Safari Ramadan ke Kalsel, AHY Beri Dukungan Moril Dua Calon Kepala Daerah Usungannya di PSU Kalsel

Saking seringnya kegiatan ini dilakukan, Kementerian Penerangan sampai menerbitkannya dalam bentuk buku berjudul Kunjungan Kerja Menteri Penerangan RI Safari Ramadhan dan Safari Ramadhan Menteri Penerangan.

Setiap kali berkeliling daerah, Harmoko akan datang ke Pondok Pesantren, bertemu tokoh masyarakat dan kepala daerah. Di sana, Harmoko akan memberikan ceramah agama yang disisipi pesan-pesan pembangunan.

Tak lupa ada juga pemberian gelar atau baju adat buat Harmoko. Di Sumatera, misalnya, dia pernah mendapatkan galar Buya Haji Ahmad Harmoko. Sementara di Ponpes AC/DC Wathoniyah Islamiyah Karanganyar, Kebumen, Jawa Tengah Harmoko dikukuhkan sebagai santri dengan nomor induk 532. 

   
Dalam salah satu buku Safari Ramadhan Menteri Penerangan 1984-1989 disebutkan pesan Harmoko, "Semangat ramadan ternyata sejalan dengan semangat efisien yang sedang digalakan: prihatin, sederhana, hemat dan tepat guna."

Setiap kali Harmoko datang dia akan disambut masyarakat dan Ormas KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) dan AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia)   yang meneriakkan "Hidup Harmoko" baik saat tiba maupun meninggalkan lokasi.

Baca Juga: Safari Ramadan Polres Sukabumi Kota Dengan Pelatihan Membatik

Penulis : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:44
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19