Kompas TV regional berita daerah

RS Covid-19 Sumsel Nyaris Penuh Wisma Atlet Disiapkan Lagi

Kompas.tv - 3 Mei 2021, 22:14 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Kasus aktif Covid-19 di Sumatera Selatan terus mengalami peningkatan, dengan tingkat keterisian tempat tidur Rumah Sakit atau Bed Occupancy Rate, mencapai 57 persen.

Mendagri Tito Karnavian meminta Pemprov menyiagakan Wisma Atlet Jakabaring lagi untuk penanganan pasien Covid-19.

Kasus aktif Covid-19 di Sumsel terus meningkat, dilihat dari tingkat keterisian tempat tidur Rumah Sakit atau Bed Occupancy Rate, sudah mencapai 57 persen. Di Palembang, angka tersebut lebih tinggi, mencapai 65 persen.

Angka tersebut masuk dalam kategori rawan dan tertinggi di Indonesia. Kasus aktif dan tingkat keterisian Rumah Sakit dikhawatirkan meningkat, setelah lebaran karena mobilitas warga.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, meminta Pemprov Sumsel menyiapkan Wisma Atlet Jakabaring untuk menampung pasien Covid 19.

Sebelumnya, Wisma Atlet Jakabaring pernah difungsikan untuk karantina kasus Covid-19 gejala ringan di awal merebaknya pandemi.

Data Dinkes Sumsel per 1 Mei 2021, menyebut kapasitas tempat tidur pasien covid-19 di 56 RS telah terisi 882 unit dari total 1.560 yang tersedia. Sedangakan Keterisian Rumah Sakit harus di bawah 50 persen agar pasien baru dapat diterima untuk perawatan berjalan maksimal, sehingga tingkat kematian menurun.

Saat ini tingkat kematian di Sumsel mencapai 4,7 persen, jauh di atas rata-rata Nasional 2,7 persen.

#Covid19 #Pasien #SumateraSelatan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x