Kompas TV internasional kompas dunia

Patroli Militer Disergap, 16 Tentara Niger Tewas

Senin, 3 Mei 2021 | 22:29 WIB
patroli-militer-disergap-16-tentara-niger-tewas
Ilustrasi bendera Niger. (Sumber: Shutterstock)

NIAMEY, KOMPAS.TV – Penyergapan terhadap sebuah patroli militer dekat perbatasan Niger dengan Mali, menewaskan 16 tentara Niger dan 1 orang tentara dinyatakan hilang.

Melansir The Associated Press, Senin (3/5/2021), patroli militer tersebut tengah dalam perjalanan kembali dari misi keamanan dekat perbatasan dengan Mali di Tillia di bagian utara kawasan Tahoua di Niger pada Sabtu malam (1/5/2021).

Mendadak, seperti dilaporkan oleh Kementerian Dalam Negeri Niger, patroli diserang sekelompok orang yang mengendarai motor. Enam tentara terluka dalam penyergapan itu.

Sehari sebelum peristiwa penyergapan itu, pada Jumat malam (30/4/2021), militer Niger mencegat sekelompok tersangka ekstremis, dan membunuh sedikitnya 24 anggota kelompok tersebut.

Kelompok ekstremis itu rupanya tengah bersiap menyerang Baibangou, sebuah desa yang terletak sekitar 100 kilometer di utara ibu kota Niger, Niamey.

“Saat berada dalam tahanan polisi, sebelum dipindahkan ke Niamey, para tersangka teroris ini berusaha melarikan diri sekitar pukul 4 pagi, dan 24 orang di antaranya ditembak mati oleh tentara,” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Niger.

Baca Juga: 58 Warga Sipil Niger Tewas Diserang Saat Pulang Berdagang dan Beberapa Lumbung Makanan Dibakar

Kedua insiden tersebut kini tengah dalam penyelidikan.

Niger dan dua negara tetangga, Burkina Faso dan Mali, tengah memerangi penyebaran kekerasan ekstremis mematikan dari kelompok-kelompok yang berafiliasi dengan Al-Qaeda dan ISIS.

Di tengah kehadiran tentara regional dan internasional, aksi kekerasan yang terus meningkat telah menewaskan ribuan orang dan ratusan ribu penduduk terpaksa mengungsi.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


SINAU

Kenapa Tabung Truk Molen Terus Berputar?

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:42 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
21:10
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19