Kompas TV regional kesehatan

5 Kabupaten di Provinsi Papua Belum Lakukan Vaksinasi

Kompas.tv - 3 Mei 2021, 22:20 WIB
5-kabupaten-di-provinsi-papua-belum-lakukan-vaksinasi
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit ( P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aaron Rumainum (Sumber: Kompas.id/ Fabio Maria Lopes Costa)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

BIAK, KOMPAS.TV – Lima kabupaten di Provinsi Papua sama sekali belum melaksanakan vaksinasi untuk warga lanjut usia. Hal tersebut menandai bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.   

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit ( P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aaron Rumainum membenarkan masih terdapat daerah yang belum melaksanakan vaksinasi bagi warga lansia, dilansir dari laman Kompas.id, Senin (3/5/2021).

Lima daerah tersebut, lanjut Aaron, antara lain, Nduga, Yahukimo, Mamberamo Raya, Deiyai, dan Supiori.

Baca Juga: AJI: Pada 2000-2021, Terjadi 114 Kasus Kekerasan terhadap Jurnalis di Papua

“Kami tidak mengetahui alasannya belum terlaksana vaksinasi bagi warga lansia di lima daerah tersebut. Kemungkinan warga belum berani mengikuti vaksinasi,” jelasnya.

Lebih jelas, Ia mengungkapkan, Dinas Kesehatan Provinsi Papua telah berupaya menyosialisasikan manfaat vaksinasi bagi warga lansia ke pemda di 28 kabupaten dan 1 kota. Namun yang bertanggung jawab menyukseskan pelaksanaan vaksinasi bagi tenaga kesehatan, petugas publik, dan masyarakat adalah pemda.

Di sisi lain, pendaftaran vaksinasi dan pendataan jumlah kasus Covid-19 secara daring di tiga daerah juga terkendala sejak Sabtu (1/5/2021). Hal ini dipicu gangguan layanan internet akibat terputusnya kabel serat optik di perairan Sarmi pada Jumat (30/4/2021) malam.

“Tiga daerah yang terdampak adalah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Sarmi. Tanpa adanya layanan internet malam kegiatan pendaftaran vaksinasi dan pendataan kasus Covid pun terhenti,” tuturnya.

Baca Juga: Ini Penjelasan tentang Guillain-Barre Syndrome yang Lumpuhkan Guru Susan Usai Vaksinasi Covid-19

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x