Kompas TV klik360 cerita indonesia

Hakim Tanya Visi Misi FPI, Rizieq: Dasar Bernegara FPI adalah Pancasila!

Senin, 3 Mei 2021 | 22:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hakim PN Jakarta Timur bertanya sejumlah hal mengenai organisasi FPI yang telah dilarang pemerintah kepada Rizieq Shihab dalam sidang yang digelar pada Senin, 3 Mei 2021.

Salah satu pertanyaan hakim adalah soal visi misi dari FPI.

"Apa yang menjadi visi misi daripada Front Pembela Islam dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, pada saat berdirinya dulu?" tanya hakim persidangan di PN Jakarta Timur (3/5/2021).

Rizieq mengatakan visi misi FPI adalah menerapkan syariat islam di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Rizieq juga menjelaskan dasar agama FPI adalah islam dan dasar bernegara FPI adalah Pancasila.

"Bahwa dasar agama FPI adalah organisasi beragama Islam, dan dasar bernegara FPI adalah Pancasila," ujar Rizieq Shihab.

Dalam kesempatan ini pula, Rizieq mengatakan bahwa pihaknya tidak setuju jika Pancasila diganti. Ia pun menyatakan bahwa FPI tidak ada masalah dengan Pancasila.

"Jadi kami di FPI tidak pernah punya masalah dengan pancasila, bahkan kami tidak setuju kalau pancasila diganti, kenapa kami tak setuju karena pancasila peninggalan ulama," kata Rizieq.

"Jadi sekali lagi bagi kami FPI pancasila itu adalah dasar bukan lagi pilar, tapi dasar. Jadi kami tidak pernah punya masalah dengan pancasila, maka dengan kelompok-kelompok yang tadi pak Majelis Hakim sebutkan ada kelompok yang terduga teroris menolak pancasila dan sebagainya kami tidak sependapat dengan mereka," kata Rizieq.

Video Editor: Novaltri Sarelpa

Penulis : Sadryna Evanalia





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:58
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   AMERIKA SERIKAT AKAN SUMBANGKAN 500 JUTA DOSIS VAKSIN PFIZER TAHUN INI DAN AWAL TAHUN 2022   KEMENKEU USULKAN PAGU INDIKATIF PADA 2022 MENCAPAI RP 43,19 TRILIUN   BUPATI KUDUS HM HARTOPO: PENYEBAB LONJAKAN KASUS COVID-19 ADALAH EUFORIA VAKSIN, WISATA, DAN TRADISI LEBARAN   HINGGA SAAT INI, KEJARI TANGERANG SELATAN TELAH TETAPKAN 2 TERSANGKA DALAM KASUS KORUPSI DANA HIBAH KONI TANGSEL   KEJARI TANGERANG SELATAN SELIDIKI ALIRAN DANA KASUS KORUPSI DANA HIBAH KONI TANGSEL   KOMISI XI DPR: HINGGA SAAT INI, DRAF REVISI UU KETENTUAN UMUM DAN TATA CARA PERPAJAKAN (KUP) BELUM DITERIMA   PASIEN COVID-19 YANG DIRAWAT DI RSD WISMA ATLET KEMAYORAN JAKARTA TERBANYAK DARI KLASTER CILANGKAP   ADA 2.096 KASUS BARU PENULARAN COVID-19 DI JAKARTA, 760 DI ANTARANYA ADALAH ORANG TANPA GEJALA   SATGAS COVID-19: 11.488.917 ORANG TELAH TERIMA VAKSIN COVID-19 DOSIS KEDUA   PEMERINTAH: 10 JUNI 2021, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 17.619.996 SPESIMEN   HINGGA 10 JUNI 2021, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 102.824 ORANG   SATGAS COVID-19: HARI INI, ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 DI INDONESIA BERTAMBAH 211 KASUS, TOTAL 52.373 KASUS   SATGAS COVID-19: JUMLAH PASIEN SEMBUH HARI INI BERTAMBAH 5.661 ORANG, TOTAL 1.728.914 ORANG