Kompas TV klik360 sinau

Mengenal Hewan-hewan Terkecil di Dunia, Sekecil Apa Ya?

Selasa, 4 Mei 2021 | 10:00 WIB

KOMPAS.TV - Beragam jenis hewan punya karakteristik masing-masing. Ada yang memiliki bentuk tubuh yang unik dengan ukuran berbeda satu sama lainnya.

Tahukah kamu apa saja hewan hewan terkecil di dunia?

1. Pygmy Marmoset

Pygmy Marmoset atau marmoset kerdil adalah spesies monyet terkecil di dunia.

Marmoset kerdil hidup di vegetasi lebat daerah cekungan Amazon Barat, sekitar barat Laut Brazil, Kolombia Selatan, Peru, dan Ekuador Timur.

Memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu sekitar 12 -16 cm dengan berat hanya mencapai 3-5 ons.

2. Lemur Tikus Madame Berthe

Adalah lemur asal Madagaskar yang diberi gelar sebagai primata terkecil di dunia.

Lemur tikus Madame Berthe memiliki nama latin Microcebus berthae.

Memiliki ukuran tubuh rata-rata hanya sepanjang 3,6 inci atau sekitar 9 cm dengan berat sekitar 1 ons.

3. Kelelawar Lebah

Merupakan spesies kelelawar terkecil di dunia dengan nama latin Craseonycteris thonglongyai.

Memiliki ukuran tubuh 1,1 hingga 1,3 inci (2,8 hingga 3,3 cm) dengan berat tubuh hanya sekitar 2 gram.

Hewan ini ditemukan di Pegunungan Bilauktaung, Provinsi Kanchanaburi, Thailand.

4. Barbados Threadsnake

Spesies ular terkecil di dunia dengan nama latin Tetracheilostoma carlae. Barbados Threadsnake merupakan hewan endemik asal Kepulauan Barbados yang teletak di perbatasan Laut Karibia.

Hewan ini memiliki ukuran sepanjang sekitar 10 cm, sayangnya spesies ular barbados hampir punah karena berkurangnya habitat.

5. Paedophryne Amauensis

Paedophryne Amauensis adalah spesies katak tekecil di dunia yang memiliki ukuran hanya 0,3 inci atau sekitar 0,76 cm saja.

Saking kecilnya, katak ini sulit terlihat dan baru diketemukan keberadaanya pada tahun 2009 di Papua Nugini.(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:04
AA UMBARA SUTISNA MERUPAKAN TERSANGKA DUGAAN KORUPSI PENGADAAN BARANG TANGGAP DARURAT BENCANA PANDEMI COVID-19   KPK PERPANJANG MASA PENAHANAN BUPATI NONAKTIF BANDUNG BARAT AA UMBARA SUTISNA SELAMA 40 HARI KE DEPAN   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MENYATAKAN PERBURUAN KKB DI PAPUA TELAH SESUAI UU PEMBERANTASAN TERORISME   HARI INI, MAHKAMAH KONSTITUSI AKAN MEMUTUS PERKARA UJI MATERI UU KPK   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.472: 3.537 SEMBUH, 189 MENINGGAL DUNIA, DAN 746 DALAM PERAWATAN   HINGGA 3 MEI 2021, KASUS AKTIF COVID-19 DI DEPOK BERJUMLAH 1.743 PASIEN YANG MASIH MENJALANI ISOLASI DAN PERAWATAN   PT KAI: DARI 19, ADA TUJUH KERETA API JARAK JAUH TETAP BEROPERASI DARI STASIUN GAMBIR DAN SENEN SELAMA LARANGAN MUDIK    PT KAI TETAP MENGOPERASIKAN 19 KERETA API JARAK JAUH SELAMA PERIODE LARANGAN MUDIK 6-17 MEI 2021   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: VARIAN VIRUS KORONA B117, B1617, DAN B1351 TELAH MASUK KE INDONESIA    DONI MONARDO MINTA ORANGTUA DI KAMPUNG HALAMAN IKUT MENYERUKAN LARANGAN MUDIK LEBARAN KEPADA KELUARGA    DONI MONARDO: TAK SEMUA DAERAH PUNYA RUMAH SAKIT DAN DOKTER YANG MEMADAI UNTUK MERAWAT PASIEN COVID-19   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: PENULARAN VIRUS BISA TERJADI SELAMA PERJALANAN MENUJU KE KAMPUNG HALAMAN   SEJAK APRIL 2021, KEMENKES INGATKAN ADA INDIKASI PENINGKATAN KASUS, KEMATIAN, DAN PASIEN RAWAT INAP AKIBAT COVID-19   KPK PASTIKAN AKAN MENYAMPAIKAN HASIL TES WAWASAN KEBANGSAAN PEGAWAINYA KE PUBLIK DALAM WAKTU DEKAT