Kompas TV nasional peristiwa

Mahfud MD Ungkap Jumlah Korban Kekerasan KKB Selama 3 Tahun Terakhir, Ini Rinciannya

Kompas.tv - 3 Mei 2021, 18:47 WIB
mahfud-md-ungkap-jumlah-korban-kekerasan-kkb-selama-3-tahun-terakhir-ini-rinciannya
Menteri Koordinator Bidan Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD saat melakukan konferensi pers Kamis, (29/4/2021) (Sumber: Tangkapan Layar KompasTV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD membeberkan jumlah korban kebrutalan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua selama tiga tahun terakhir.

Adapun korban kebrutalan KKB, menurut Mahfud, bukan hanya berasal dari pihak TNI dan Polri, melainkan juga dari warga sipil.

Baca Juga: Pasukan Denjaka Disebut Telah Tiba di Papua untuk Tumpas KKB, Ini Kata Marinir dan TNI AL

Mahfud merinci, korban penganiayaan KKB selama tiga tahun terakhir berjumlah 110 orang.

Sebanyak 53 orang di antaranya adalah warga sipil. Sedangkan korban dari TNI berjumlah 51 prajurit dan dari Polri 16 personel.

"Kalau yang meninggal banyak juga," kata Mahfud MD dalam rapat virtual bersama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI secara virtual pada Senin (3/5/2021).

Lebih lanjut, Mahfud menjabarkan, korban meninggal dari unsur TNI, Polri dan warga sipil akibat ulah KKB berjumlah 95 orang.

Baca Juga: 6 KKB Masih Aktif Tebar Teror, Kapolda Papua: Kami akan Tangkap kalau Melawan akan Kami Lumpuhkan

"Masyarakat atau warga sipil yang meninggal karena penganiayaan seperti tadi itu 59 orang, TNI 27 orang, Polri 9 orang. Seluruhnya 95 orang," ujarnya.

Menurut Mahfud, mereka yang tewas karena menjadi korban kekerasan KKB yang sangat brutal.

"Itu (tewas) dengan tindakan yang sangat brutal. Sementara kita tetap berpedoman jaga hak asasi manusia seperti yang disampaikan tadi," ucap Mahfud.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x