Kompas TV bisnis kebijakan

Sedih, BST Rp300.000 Tak Dilanjutkan, Nasibnya Sama Seperti BLT Gaji

Kompas.tv - 3 Mei 2021, 17:41 WIB
sedih-bst-rp300-000-tak-dilanjutkan-nasibnya-sama-seperti-blt-gaji
Dirut PT Pos Indonesia Faizal Rochmad bersama jajaran Pos Purwakarta memastikan langsung penyaluran BST kepada warga KPM terdampak bencana di Dusun Cirangkong, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Tegalwuru, Purwakarta, Sabtu (20/2/2021). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Dina Karina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp300.000 sudah dicairkan pemerintah pada Jumat (30/04/2021) lalu.

BST yang cair itu, adalah BST tahap 4 atau jatah untuk bukan April. Khusus BST, Mensos Tri Rismaharini sebelumnya sudah menyatakan tidak akan diperpanjang. Dengan kata lain, bansos tunai tahap 4 ini adalah yang terakhir.

Alasannya, karena pemerintah sudah tidak mempunyai uang.

"Enggak ada anggarannya untuk itu," kata Risma kepada media, saat menghadiri puncak HUT Ke-19 Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (31/03/2021).

Baca Juga: Cair Hari Ini, BST Tahap Akhir Rp300.000 Bisa Diambil di ATM Bank DKI atau Dikirim Lewat Pos

"Kalau misalkan di daerah masih ada warga yang perlu ditolong, mereka masih bisa mengajukan ke kami, nanti kami bantu dalam bentuk BPNT (bantuan pangan non-tunai)," lanjutnya.

BPNT senilai Rp200.000 bisa digunakan masyarakat untuk membeli bahan makanan di sejumlah toko yang ditunjuk pemerintah.

Alasan lain tidak diperpanjangnya BST karena pemerintah menilai, situasi pandemi Covid-19 di Tanah Air sudah mulai menunjukkan perbaikan di skala mikro.

Sehingga, masyarakat saat ini seharusnya dapat beraktivitas kembali seiring dengan ekonomi Indonesia yang mulai normal.

Baca Juga: Bansos Mei-Juni akan Cair Sekaligus, Ini Cara Cek Nama Penerimanya

BST mulai disalurkan kepada warga sejak Januari lalu. 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di dari seluruh Indonesia, mendapatkan BST sebesar Rp300.000 setiap bulannya. Sehingga total dana yang dikeluarkan pemerintah adalah Rp12 triliun.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.