Kompas TV bisnis kompas bisnis

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Investasi di Aset Kripto dan Saham

Senin, 3 Mei 2021 | 14:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sama-sama punya risiko besar saat berinvestasi. Apa yang menjadi dasar perbedaan investasi kripto dan saham?

Kepala Riset Praus Capital Alfred Nainggolan menjelaskan, saham bisa dikatakan sebagai surat berharga dan bukti kepemilikan perusahaan.

Jadi ketika berinvestasi di perusahaan tersebut, kita menjadi pemegang saham.

Sedangkan kripto, komoditinya berbasis alat tukar. Perlu diketahui alat tukar dari sisi aset stabilitas belum terpenuhi seluruhnya, karena berbeda dengan alat tukar mata uang yang dimiliki suatu negara.

Alferd mengatakan, kelebihan berinvest di saham kita bisa meliaht fundamental perusahaan, pergerakan saham mengikuti perusahaan.

Sedangkan kripto berbasis pada komoditi yang dipengaruhi oleh jumlah permintaan. Bagusnya dalam kondisi seperti ini aset kripto banyak dominan untuk trading.

Alferd mengakui, memang sulit berinvestasi di kripto karena kita tidak bisa melihat fundamentalnya, seperti kita melihat fundamental saham.

Alferd menyebut, jika ingin berinvestasi di kripto, investor dapat melihat asumsi dari analisis teknikal.

Dalam 5 tahun terakir aset kripto naik 150% per tahun, dari Desember 2020 sampai awal Mei, kripto naik hampir 195%, bitcon naik 100%.

Menurut Alfred, saham lebih aman dari sisi resiko dan keamanan, karena bisa dilihat dari perusahaannya.

Sedangkan kripto tidak bisa memakin intusi sederhana, investor hanya bisa mengandalkan analisa teknikal saja.

Penulis : Natasha Ancely





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:30
KLASTER COVID-19 DI RT 11 DI KELURAHAN KAYU PUTIH DIDUGA BERAWAL DARI KUMPUL-KUMPUL DI TAMAN   RT 11 DI KELURAHAN KAYU PUTIH, JAKARTA TIMUR, TERAPKAN “LOCKDOWN” SETELAH 22 WARGA POSITIF COVID-19   ADA LONJAKAN KASUS COVID-19 BANGKALAN, PEMPROV JATIM SIAPKAN 6 RS LAPANGAN UNTUK MENAMPUNG PASIEN   SATGAS COVID-19 DUGA MENINGKATNYA KASUS COVID-19 DI BANGKALAN, JATIM, DISEBABKAN KEPULANGAN TKI SEUSAI LEBARAN    MENTERI PPN/KEPALA BAPPENAS SUHARSO MONOARFA AKAN MENGEMBANGKAN ENERGI BARU TERBARUKAN (EBT) DI NTT   PT POS INDONESIA MEMBUKA LAYANAN 24 JAM MULAI JUNI 2021 DI SELURUH KANTOR CABANG INDONESIA   ANGGOTA KOMISI I DPR FRAKSI NASDEM M FARHAN MINTA PEMERINTAH TENANGKAN PUBLIK SOAL PEMBATALAN KEBERANGKATAN HAJI   KONSUL HAJI KJRI JEDDAH ENDANG JUMALI TEGASKAN ARAB SAUDI BELUM UMUMKAN INFORMASI RESMI SOAL KEBERANGKATAN HAJI   GANDENG INSTITUT PERTANIAN BOGOR, MENKOP UKM TETEN MASDUKI INGIN TANAMAN HIAS INDONESIA JADI “TREND SETTER”   MENKOP UKM TETEN MASDUKI JALIN SINERGI DENGAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR KEMBANGKAN KOPERASI & UMKM DI INDONESIA   MENTERI TJAHJO KUMOLO MINTA RENCANA PENUNJUKAN JABATAN WAKIL MENTERI UNTUK KEMENPAN-RB TAK PERLU JADI POLEMIK    PRESIDEN JOKOWI BENTUK SATGAS PERCEPATAN INVESTASI YANG DIKETUAI OLEH KEPALA BKPM BAHLIL LAHADALIA   GUGAT PRAPERADILAN, KOORDINATOR MAKI BOYAMIN SAIMAN BERHARAP KPK JELASKAN SOAL SP3 TERHADAP SJAMSUL NURSALIM    HARI INI, SIDANG PERDANA GUGATAN PRAPERADIAN ATAS SP3 KPK TERHADAP TERSANGKA KORUPSI BLBI SJAMSUL NURSALIM DIGELAR