Kompas TV regional berita daerah

Warga Temukan Struktur Bangunan Peninggalan Kerajaan Majapahit

Kompas.tv - 3 Mei 2021, 13:52 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Sebuah struktur bangunan dari batu bata merah yang diduga peninggalan kerajaan Majapahit ditemukan di area persawahan di kota Blitar. Benda peninggalan sejarah itu diduga kuat masih satu rangkaian dengan candi Gedog.

Struktur bangunan dari batu bata kuno ini ditemukan oleh sejumlah petani di area persawahan kecamatan Sanan Wetan kota Blitar. Batu bata merah yang memiliki panjang 30 sentimeter dan lebar 20 sentimeter ini tertata rapi membentuk tembok dan tangga.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar yang mengetahui hal itu langsung melakukan observasi awal. Diduga kuat struktur batu bata merah tersebut merupakan peninggalan era kerajaan Majapahit, serta masih satu rangkaian dengan bangunan candi Gedog.

Belum diketahui pasti bentuk dari bangunan tersebut, rencananya dalam waktu dekat tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur akan meneliti temuan benda bersejarah itu.

Selain penemuan struktur batu bata kuno, sebelumnya para petani juga menemukan sejumlah benda bersejarah seperti batu, jambangan air serta gerabah.

#Blitar #Sejarah #Kerajaan #Majapahit #Candi #BeritaKediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x