Kompas TV nasional wawancara

Pengunjung Berjubel Beli Baju Lebaran, MUI: Kejar Lailatul Qadar Jangan Anda Repot ke Pasar dan Mal

Senin, 3 Mei 2021 | 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hati-hati dan waspada, itulah yang mungkin harus terus kita terapkan dalam kehidupan sehari hari.

Kerumunan yang terjadi di sejumlah pusat perbelanjaan, moda transportasi hingga tempat keagamaan di berbagai daerah jelang Lebaran dikhawatirkan menjadi klaster baru penularan covid-19.

Pakar Epidemiolog UI Tri Yunis Miko Wahyono menyarankan, agar MUI membuat peraturan agar masyarakat dianjurkan untuk tidak shalat tarawih di masjid atau shalat Idul Fitri di lapangan atau

Tri berharap, kerumunan di tempat-tempat ibadah bisa berkurang demi mencegah terjadinya klaster shalat tarawih seperti di Banyumas.

Tri pun mencemaskan panen kasus covid-19 dapat membuat kondisi Indonesia sama seperti India.

“Tolong, setelah Idul Fitri kita tidak panen kasus covid,” tegas Tri.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Satgas Covid-19 MUI Kyai Haji Muhammad Cholil Nafis mengatakan, pihak MUI searah dengan pemerintah untuk tidak melakukan mudik dan menunda orang datang ke masjid di daerah yang rawan covid-19.

Di sisi lain Cholil menganggap, menjadi masalah baru ketika orang tidak pulang kampung tapi ada kerumunan diperkotaan dimana masyarakat pergi dan mencari hiburan.

Menurut Cholil hal-hal semacam itu perlu diatasi pemerintah.

Cholil juga menyebut, pihak MUI sepakat jangan sampai kasus India terjadi di Indonesia, dan selain memantau tempat ibadah. Pasar, mal, dan pertemuan lain perlu diawasi.

Cholil menyampaikan, ada kesalahan paradoks dalam berpuasa. Di bulan Ramadan akhir orang harusnya menggapai Lailatul Qadar, bukannya malah pergi ke mal dan pasar.

“Sambil pemerintah mengatakan awas terkena pandemi covid, kami akan mengatakan ayo kejar Lailatul Qadar jangan Anda repot ke pasar jangan ada repot ke mall.” Ujar Cholil.

Penulis : Natasha Ancely





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:12
PEBALAP RED BULL F1 MAX VERSTAPPEN RAIH “POLE POSITION” DI SIRKUIT PAUL RICARD, PERANCIS   TIMNAS POLANDIA TAHAN IMBANG SPANYOL DENGAN SKOR 1-1 DI LAGA LANJUTAN GRUP E PIALA EROPA 2020   PELATIH JERMAN JOACHIM LOEW APRESIASI ANAK ASUHNYA BERMAIN CEMERLANG SAAT JAMU PORTUGAL DI ALLIANZ ARENA   PELATIH FERNANDO SANTOS NYATAKAN BERTANGGUNG JAWAB PENUH ATAS KEKALAHAN PORTUGAL 4-2 SAAT KONTRA JERMAN   MEMPHIS DEPAY RESMI GABUNG BARCELONA DENGAN DURASI KONTRAK HINGGA 2023   PERTEMPURAN TERJADI ANTARA PASUKAN PEMERINTAH DAN PEMBERONTAK DI YAMAN, 47 ORANG MENINGGAL DUNIA   BRASIL CAPAI 500.000 KEMATIAN AKIBAT VIRUS COVID-19, TERTINGGI KEDUA SETELAH AMERIKA SERIKAT   PEMERINTAH AMERIKA SERIKAT SUMBANGKAN 2,5 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 KE TAIWAN   BMKG: GEMPA MAGNITUDO 5,4 TERJADI DI BENGKULU SELATAN, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   KEJAKSAAN AGUNG APRESIASI KBRI DAN KEMENLU YANG BEKERJA SAMA DENGAN PEMERINTAH SINGAPURA UNTUK PULANGKAN ADELIN LIS   ADELIN LIS AKAN JALANI KARANTINA SELAMA 14 HARI DI RUTAN KEJAKSAAN AGUNG, SALEMBA, JAKARTA PUSAT   ADELIN LIS DITANGKAP KEJAKSAAN AGUNG DI SINGAPURA SETELAH BURON 13 TAHUN ATAS KASUS PEMBALAKAN LIAR   POLRES TANGSEL TARGETKAN 12.000 ORANG DIVAKSINASI COVID-19 HINGGA AKHIR JUNI   GUBERNUR ANIES BASWEDAN PERBOLEHKAN WARGANYA UNTUK OLAHRAGA DI LUAR RUMAH DENGAN MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN