Kompas TV regional update corona

Klaster Pendidikan di Yogyakarta, 14 Mahasiswa dan 2 Orangtua Terkonfirmasi Positif Covid-19

Kompas.tv - 3 Mei 2021, 13:53 WIB
klaster-pendidikan-di-yogyakarta-14-mahasiswa-dan-2-orangtua-terkonfirmasi-positif-covid-19
Ilustrasi Produksi Film (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 14 mahasiswa Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta dinyatakan positif Covid-19. Diduga, para mahasiswa tertular Covid-19 usai mengikuti praktik produksi film. Selain mahasiswa, virus ini juga membuat dua orangtua mahasiswa dinyatakan positif.

Baca Juga: Klaster Seminari, 167 Siswa dan 8 Guru Terkonfirmasi Positif Covid-19

Kepala Puskesmas Mlati 1, Ernawati menyatakan hingga sekarang ada 16 orang yang dinyatakan positif Covid-19 klaster produksi film di Kampus MMTC Yogyakarta.

“Kondisi terakhir, masih 16 orang yang positif. Mahasiswanya ada 14, yang dua orangtuanya. Tapi kami masih tracing (melacak) dan mencari kontak-kontaknya,” ujar Ernawati dikutip dari Kompas.id, Senin (3/5/2021).

Klaster penularan ini pertama kali diketahui pihak puskesmas pada Jumat (30/4/2021) lalu. Mulanya, hanya ada satu orang yang memiliki gejala mengarah ke Covid-19, yakni kehilangan indera penciuman atau anosmia.

Baca Juga: 50 Lebih Warga Positif Corona dari Klaster Tarawih di Banyumas

Usai tes antigen kedua, rupanya mahasiswa tersebut positif Covid-19. 

“Mahasiswa itu melakukan tes antigen mandiri dan awalnya dinyatakan negatif. Tapi dia masih anosmia sehingga kemudian periksa lagi dan dinyatakan positif,” tutur Ernawati.

 

Baca Juga: Sepekan Terakhir Muncul Klaster Baru Covid-19 Pada 5 Titik Ini

Belasan lainnya diketahui setelah pihak kampus dan puskesmas melakukan tracing kepada mahasiswa yang melakukan kontak erat dengan mahasiswa positif Covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x