Kompas TV cerita ramadan cerita

Tak Ada Lagi Makan Bersama, Ini Suasana Ramadan di Colombia

Kompas.tv - 3 Mei 2021, 06:51 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Di cerita Ramadan hari ini, Senin (03/05/2021) kita akan tersambung melalalui saluran Zoom Kompas TV dengan diaspora Indonesia di Amerika Serikat Yanu Endar Prasetyo, peneliti LIPI yang saat ini kuliah di Columbia, Amerika Serikat.

Yanu Endar Prasetyo akan menceritakan bagaimana suasana Ramadan di Colombia, Amerika Serikat.

Sudah 5 tahun tinggal di Colombia, dan ini adalah kali kedua Yanu menjalani Ramadan di tengan pandemi covid-19.

Yanu menceritakan, Ramadan di Colombia menjadi momen kebahagiaan, karena bisa mencicipi kuliner antar negara di halaman parkir masjid, event tersebut diselenggarakan oleh berbagai komunitas.

Namun, keadaan itu tak sama lagi kala pandemi covid-19. Format diubah menjadi pemberian sembako dari masjid kepada warga muslim, tidak ada lagi makan bersama.

Yanu menyebut, kesadaran akan protokol kesehatan ditempat ia tinggal relatif tinggi, warga bisa mengikuti aturan protokol kesehatan dengan baik.

Yanu mengatakan tidak terlalu sering melihat sanksi pelanggaran protokol kesehatan yang dikenakan pada masyarakat, himbauan masif melalui media membuat warga paham apa yang harus dilakukan.

Yanu menyebut, warga Indonesia di tempat ia tinggal tidak terlalu banyak hanyak sekitar 40 orang saja, mereka pun sangat erat dan akrab.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x